Kompas TV nasional humaniora

Serba-serbi Bendera Merah Putih Indonesia, dari Gula-Kelapa hingga Kirab Ki Jaga Rasa

Kompas.tv - 18 Agustus 2023, 04:00 WIB
serba-serbi-bendera-merah-putih-indonesia-dari-gula-kelapa-hingga-kirab-ki-jaga-rasa
Paskibraka mengibarkan bendera merah putih di Istana, Kamis (17/8/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bendera Merah Putih adalah salah satu identitas negara Indonesia. Pada peringatan HUT RI setiap 17 Agustus, bendera Merah Putih dikibarkan di Istana Negara, tempat umum hingga rumah-rumah masyarakat.

Sejarah merah putih sebagai bendera negara Indonesia memiliki beragam fakta yang cukup menarik. Berikut serba-serbi bendera Merah Putih yang dikutip dari laman kemdikbud.go.id.

1. Bendera Merah Putih Dikenal Sejak Masa Majapahit

Sejarah merah putih sebagai bendera negara Indonesia memiliki asal-usul yang cukup menarik. Asal-usul bendera merah putih disebut telah ada sejak ratusan tahun lalu.

Baca Juga: Momen Jokowi Tepuk Tangan Apresiasi Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibraka HUT ke-78 RI

Bendera atau panji merah putih dahulu digunakan sebagai lambang kebesaran kerajaan. Warna merah putih sebagai lambang kerajaan pertama kali ditemukan dalam Prasasti Gunung Butak peninggalan Majapahit sekitar 1294 M. 

Kemudian panji merah putih digunakan oleh perhimpunan mahasiswa Indonesia di Belanda. Penggunaan bendera itu berawal ketika perhimpunan mahasiswa Belanda menghadiri konferensi di Driebergen pada 1920. 

Sultan Hamengkubuwono VIII yang turut menghadiri acara tersebut datang menggunakan mobil dengan umbul-umbul "gula-kelapa". Hal ini menjadi inspirasi bagi para mahasiswa untuk membuat bendera dengan warna yang sama.

Untuk memberikan corak lain, ditambahkanlah kepala kerbau pada bendera itu. Bendera itu kemudian ditempatkan di gedung pertemuan para mahasiswa. 

Bahkan di depan bendera itu, para mahasiswa disebut banyak yang mengheningkan cipta sebelum menempuh ujian. 

2. Dijahit Ibu Fatmawati



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x