Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat: Presiden Jokowi Jelas Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Kompas.tv - 15 Agustus 2023, 14:42 WIB
pengamat-presiden-jokowi-jelas-dukung-prabowo-di-pilpres-2024
Prabowo Subianto saat bersama Presiden Jokowi di Istana Negara. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan, pihaknya tidak khawatir jika harus berhadapan kembali dengan PDI-P dalam Pemilu 2024. Seperti yang terjadi di dua Pilpres terakhir yakni 2014 dan 2019. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) sudah resmi mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal capres di Pilpres 2024 pada Minggu (13/8/2023).

Keputusan tersebut dinilai sebagai bentuk dukungan tersirat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap Prabowo di pesta demokrasi nanti. 

"Kalau bicara asumsi dan persepsi arahnya sudah ke sana bahwa Jokowi klir mendukung Prabowo (di Pilpres 2024)" kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago kepada Kompas TV, Selasa (15/8/2023). 

Baca Juga: Golkar, PAN, dan PKB Dukung Prabowo di Pilpres 2024, Jokowi: Urusan Parpol, Saya Bukan Ketua Parpol

Pangi menyebut, setelah Golkar-PAN deklarasi mendukung Prabowo tentu itu amat menyakitkan bagi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kita bisa merasakan nuansa kebatinan Bu Megawati, bagaimana Bu Megawati seperti ditusuk dari belakang. Namun, ini bisa kita rasakan tapi sulit untuk dibuktikan," ujarnya. 

"Berat bagi Megawati hari ini, yang ekspektasi awal ketika Ganjar dideklarasikan maka semua partai akan bergabung mengusung Ganjar, namun faktanya ternyata yang merapat mengusung Ganjar hanya PPP dan Perindo," sambungnya.

Ia menjelaskan, indikasi sikap Golkar itu seperti sebuah arahan dari Presiden Jokowi terlihat ketika Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto digoyang dengan isu musyawarah nasional luar biasa (Munaslub).

"Kelihatan betul bagaimana Golkar diadang isu munaslub, soal Airlangga dipanggil di Kejaksaan, setelah itu merapat mendukung Prabowo. Waktu yang membuktikan apakah Airlangga akan dipanggil lagi sama kejaksaan atau akankah terus munaslub menguat pasca Airlangga mendeklarasikan Prabowo sebagai bakal capres dari Partai Golkar," katanya. 

Selain itu, lanjut dia, publik hari ini sudah pasti paham bahwa kaki Presiden Jokowi ada di Prabowo, setelah merapatnya PAN dan Golkar.

"Kita paham Ketua Umum PAN (Zulkifli Hasan) adalah menteri yang dipilih Jokowi, begitu juga Airlangga menteri andalan Jokowi yang cenderung tegak lurus dan ikut intensitas arah dukungan Jokowi," katanya.

Sementara, Presiden Jokowi menyatakan tak ikut campur dalam deklarasi tersebut. Sebab, itu merupakan wewenang dari para ketua umum partai politik atau parpol.

"Ya itu urusannya partai-partai lah. Urusannya Golkar, urusannya PAN, urusannya Gerindra, urusannya PKB. Itu urusannya partai-partai," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Baca Juga: Respons JK soal Golkar Dukung Prabowo Diduga karena Arahan Jokowi

Kepala negara menegaskan, dirinya memberikan kebebasan kepada para parpol pendukung pemerintah, dalam membangun kerja sama politik untuk pesta demokrasi nanti.

"Ndak, ndak. Itu urusan mereka. Urusan koalisi, urusan kerja sama. Saya bukan ketua partai, saya presiden," kata Jokowi.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x