Kompas TV nasional rumah pemilu

Golkar, PAN, dan PKB Dukung Prabowo di Pilpres 2024, Jokowi: Urusan Parpol, Saya Bukan Ketua Parpol

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 13:56 WIB
golkar-pan-dan-pkb-dukung-prabowo-di-pilpres-2024-jokowi-urusan-parpol-saya-bukan-ketua-parpol
Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai meresmikan Sodetan Ciliwung di Jakarta Timur, Senin (31/7/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab ihwal deklarasi Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal capres di Pilpres 2024.

Ia menyatakan tak ikut campur dalam deklarasi tersebut, karena itu merupakan wewenang dari para ketua umum partai politik atau parpol.

"Ya itu urusannya partai-partai lah. Urusannya Golkar, urusannya PAN, urusannya Gerindra, urusannya PKB. Itu urusannya partai-partai," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Baca Juga: Golkar dan Pan Gabung Koalisi Gerindra-PKB Dukung Prabowo di Pemilu 2024, Siapa yang Jadi Cawapres?

Kepala negara menegaskan, dirinya memberikan kebebasan kepada para parpol pendukung pemerintah, dalam membangun kerja sama politik untuk pesta demokrasi nanti.

"Ndak, ndak. Itu urusan mereka. Urusan koalisi, urusan kerja sama. Saya bukan ketua partai, saya presiden," kata Jokowi.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Hermawi Taslim menilai bergabungnya partai pendukung pemerintah itu sebagai eksperimen kedua penguasa menyongsong Pilpres 2024 usai eksperimen pertama kandas setelah PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mendukung bakal capres Ganjar Pranowo. 

”Seperti kita sudah duga sebelumnya, partai akan beramai-ramai merapat ke Gerindra karena sinyal kekuasaan ke sana. Ini logis dan realistis terutama untuk partai yang memiliki potensi masalah hukum, merapat ke koalisi kekuasaan,” ujar Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Hermawi Taslim, Minggu (13/8/2023).


Sementara, Prabowo menyebut Presiden Joko Widodo tidak campur tangan dengan urusan partai, termasuk saat bergabung-nya Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang mendeklarasikan dirinya sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024.

Baca Juga: Ketum PAN Zulhas Bantah Dukungan ke Prabowo Arahan dari Jokowi

"Presiden Jokowi tidak campur tangan sama sekali. Saya kira itu yang ingin saya tegaskan," ujar Prabowo usai deklarasi dukungan Partai Golkar dan PAN di Museum Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x