Kompas TV nasional rumah pemilu

Respons JK soal Golkar Dukung Prabowo Diduga karena Arahan Jokowi

Kompas.tv - 15 Agustus 2023, 08:33 WIB
respons-jk-soal-golkar-dukung-prabowo-diduga-karena-arahan-jokowi
Wakil Presiden RI Ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) menyebut KTT G20 Bali akan dilematis dan ribet karena banyak negara sedang berkonflik. (Sumber: kompas.com/kristianto purnomo)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla mengaku tak mengetahui kabar bila Partai Golkar memutuskan mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal capres di Pilpres 2024 karena diduga mendapatkan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Saya tidak tahu itu," kata pria yang karib disapa JK itu seperti dikutip dari Tribunnews.com, Senin (14/8/2023).

JK menjelaskan, beberapa waktu lalu malah elite Golkar sendiri yang menyiarkan ke publik kalau keputusan itu diberikan setelah melakukan konsultasi dengan Kepala Negara. 

Baca Juga: Golkar, PAN, dan PKB Dukung Prabowo di Pilpres 2024, Jokowi: Urusan Parpol, Saya Bukan Ketua Parpol

Meski begitu, JK menegaskan enggan untuk turut ikut campur terkait hal tersebut.

"Ya kan mereka sendiri mengatakan setelah konsultasi dengan presiden, tapi saya tidak campur sama sekali ya," katanya.

Presiden Jokowi menjawab ihwal deklarasi Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal capres di Pilpres 2024.

Ia menyatakan tak ikut campur dalam deklarasi tersebut, karena itu merupakan wewenang dari para ketua umum partai politik atau parpol.

"Ya itu urusannya partai-partai lah. Urusannya Golkar, urusannya PAN, urusannya Gerindra, urusannya PKB. Itu urusannya partai-partai," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Kepala negara menegaskan, dirinya memberikan kebebasan kepada para parpol pendukung pemerintah, dalam membangun kerja sama politik untuk pesta demokrasi nanti.

"Ndak, ndak. Itu urusan mereka. Urusan koalisi, urusan kerja sama. Saya bukan ketua partai, saya presiden," kata Jokowi.

Baca Juga: Respons PDIP soal Deklarasi Golkar-PAN ke Prabowo Diduga karena Arahan Jokowi

Sementara, Prabowo menyebut Presiden Joko Widodo tidak campur tangan dengan urusan partai, termasuk saat bergabung-nya Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang mendeklarasikan dirinya sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024.


 

Presiden Jokowi tidak campur tangan sama sekali. Saya kira itu yang ingin saya tegaskan," ujar Prabowo usai deklarasi dukungan Partai Golkar dan PAN di Museum Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu.
 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x