Kompas TV nasional humaniora

Sejarah Merah Putih yang Jadi Bendera Negara Indonesia Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu

Kompas.tv - 15 Agustus 2023, 14:04 WIB
sejarah-merah-putih-yang-jadi-bendera-negara-indonesia-sudah-ada-sejak-ratusan-tahun-lalu
Bendera Merah Putih raksasa berkibar di Jembatan Emas Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, Kamis (1/6/2023). (Sumber: Pemprov Bangka Belitung)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia selalu dimeriahkan dengan pemasangan bendera merah putih. Tak hanya itu, nuansa merah putih juga dipastikan mewarnai setiap sudut desa atau kota di Indonesia.

Sejarah Merah Putih sebagai bendera negara Indonesia memiliki asal-usul yang cukup menarik. Asal-usul bendera Merah Putih disebut telah ada sejak ratusan tahun lalu.

Warna merah putih sebagai lambang negara pertama kali ditemukan dalam Prasasti Gunung Butak peninggalan Majapahit sekitar 1294 M. Warna merah putih kemudian digunakan oleh perhimpunan mahasiswa Indonesia di Belanda.

Baca Juga: Satgas Yonif PR 433/JS Ajak Warga Distrik Yigi, Pasang Bendera Merah Putih

Penggunaan bendera itu berawal ketika perhimpunan mahasiswa Belanda menghadiri konferensi di Driebergen pada 1920. Sultan Hamengkubuwono VIII yang turut menghadiri acara tersebut datang menggunakan mobil dengan umbul-umbul "gula-kelapa". 

Hal ini menjadi inspirasi bagi para mahasiswa untuk membuat bendera dengan warna yang sama. Untuk memberikan corak lain, ditambahkanlah kepala kerbau pada bendera itu.

Bendera itu kemudian ditempatkan di gedung pertemuan para mahasiswa. Bahkan di depan bendera itu, para mahasiswa disebut banyak yang mengheningkan cipta sebelum menempuh ujian. 

Beberapa tahun kemudian, Bung Karno mengubah gambar kerbau itu menjadi banteng yang dianggapnya lebih perkasa. Baru pada 1944, dibentuk sebuah panitia yang diketuai oleh Ki Hajar Dewantoro dengan tugas menjelaskan warnah Merah Putih dan menentukan ukuran bendera. 

Kedua warna itu kemudian dimaknai dengan berani (merah) dan suci (putih). Bendera Indonesia memiliki perbandingan tinggi dan lebar 2:3.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.