Kompas TV nasional hukum

Telusuri Asal Usul Uang Rp27 Miliar di Kasus BTS 4G, Kejagung Gunakan Strategi Cross Examination

Kompas.tv - 11 Agustus 2023, 07:40 WIB
telusuri-asal-usul-uang-rp27-miliar-di-kasus-bts-4g-kejagung-gunakan-strategi-cross-examination
Petugas sedang membawa uang dengan nominal 1,8 juta dolar Amerika Serikat atau Rp27 miliar dari Pengacara Irwan Hermawan, Maqdir Ismail di Kejaksaan Agung (13/7/2023). (Sumber: TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung (Kejagung) masih mendalami asal usul uang US1,87 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp27 miliar yang diberikan pengacara terdakwa Irwan Hermawan, Maqdir Ismail kepada pihak Kejagung. 

Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Kuntadi menjelaskan, saat ini penyidik sedang mendalami barang bukit yang sudah disita dari penggeledahan kantor pengacara Maqdir & Partners di daerah Kemang, Jakarta Selatan. 

Salah satu barang bukti yang disita dan diteliti yakni kamera pengawas atau CCTV di kantor tersebut.

Kemudian hasil pemeriksaan terhadap Maqdir dan rekannya Andika Honggowongso, penyidik hanya mendapatkan inisial sosok yang menyerahkan uang yakni 'S'.

Kuntadi mengaku, penyidik juga masih mendalami sosok S yang memberikan uang tersebut.

Rencananya penyidik akan melakukan pemeriksaan silang atau cross examination kepada Maqdir dan kliennya terkait uang Rp 27 miliar.

"Pemeriksaan masih kita lakukan, pendalaman masih kita lakukan. Dalam waktu dekat kemungkinan kita akan melakukan cross examination terhadap Saudara Maqdir, saudara Irwan juga," ujar Kuntadi di Kejagung, Rabu (9/8/2023). 

Baca Juga: Kesalnya Hakim saat Tanya Saksi soal Proses Lelang BTS 4G: Habisin Uang Negara Aja Kalian!

Kuntadi menambahkan, saat ini uang yang dikembalikan Maqdir ke Kejagung masih sebatas barang titipan dan belum ditetapkan sebagai barang bukti. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x