Kompas TV nasional humaniora

Netizen Tanyakan Parkir di Indomaret Gratis atau Bayar? Ini Penjelasan Pihak Manajemen

Kompas.tv - 9 Agustus 2023, 10:02 WIB
netizen-tanyakan-parkir-di-indomaret-gratis-atau-bayar-ini-penjelasan-pihak-manajemen
Managemen Indomaret jelaskan soal apakah parkir di Indomaret gratis atau tidak. (Sumber: Kompas.com/Nur Jamal Shaid)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tak sedikit netizen yang menanyakan soal apakah parkir di depan minimarket Indomaret gratis atau bayar. Beberapa gerai Indomaret menyematkan tulisan “Parkir Gratis”, tetapi masih ada saja tukang parkir yang menagih.

Keluhan netizen ini disampaikan dalam postingan di akun Twitter @tanyarlfess yang membagikan foto spanduk “Gratis Parkir”, tetapi ada tukang parkir yang menunggu di depan Indomaret.

Tukang parkir sekarang tuh emang gatau (parkir gratis) atau gabisa baca sih guys?” tulis netizen, Senin (7/8/2023).

Baca Juga: Tak Terima Parkir Liar, Emak-Emak Cegat Truk Pengangkut Tanah di Lebak

Postingan tersebut pun mendapatkan komentar. Netizen pun mengungkapkan kekesalannya lantaran harus membayar parkir padahal ada tulisan parkir gratis.

Kesel banget ke indom4r3t tukang parkirnya gamau bantuin mundurin motor + gamai bantu nyebrangin, tp nagih duit,” tulis akun @carrot***. 

Kakaku pernah naya ke mbak kasih knp masih ada tukang parkir, kata mba kasirnya udah diimbau kak kalau parkir gratis, tapi tetep aja, jadi gausah dikasih,” timpal akun @hymi***. 

Baca Juga: Keras! Warga Kecam Alih Fungsi Trotoar Jadi Parkir, Komplain Puluhan Tahun Nihil Hasil

Tanggapan Manajemen Indomaret

Marketing Communication Executive Director Indomaret Bastari Akmal mengatakan bahwa Indomaret tidak membebankan biaya parkir kepada konsumennya. Indomaret juga tidak mendapatkan pendapatan dari hasil parkir.

Bastari tak menampik jika ada pemuda atau warga di sekitar Indomaret yang membantu parkir konsumen.


Indomaret tak mewajibkan membayar parkir. Oleh karenanya, jika konsumen merasa terbantu oleh tukang parkir, dipersilakan untuk membayar parkir.

“Kalau merasa terbantu diparkirkan, dijagain, dibantuin, kasih tip Rp1.000 Rp2.000 ya monggo. Kalau konsumen nggak mau bayar ya nggak papa karena parkirnya gratis,” kata Bastari, Selasa (8/8/2023).

Ada juga gerai Indomaret yang dijaga oleh tukang parkir resmi dari pemerintah daerah (pemda). Hal ini berlaku pada wilayah yang pemda-nya tidak mewajibkan Indomaret membayar retribusi.

Baca Juga: Belum Lunasi Tunggakan Retribusi, 63 Kios, Lapak dan Toko di Pasar Ulin Raya Banjarbaru Disegel

Bastari menegaskan, tukang parkir ini merupakan petugas resmi. Tandanya, mereka akan memberikan karcis parkir kepada konsumen.

"Apabila tukang parkir tidak resmi, (lokasi gerai Indomaret) bukan di ruko, (lalu) ada anak-anak muda minta parkir tanpa seragam terserah konsumen mau bayar atau nggak," ujar dia, seperti dikutip dari Kompas.com.

Terakhir, Bastari menyerahkan kepada konsumen akan membayar tukang parkir yang tidak resmi atau tidak.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x