Kompas TV nasional politik

Kunci Kemenangan Ada di Jatim, Gerindra Berharap Khofifah Bisa Dukung Prabowo Nyapres

Kompas.tv - 9 Agustus 2023, 07:10 WIB
kunci-kemenangan-ada-di-jatim-gerindra-berharap-khofifah-bisa-dukung-prabowo-nyapres
Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade di program Dua Arah KOMPAS TV, Jumat (20/5/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengalaman Pilpres 2019 membuat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berbenah diri dengan memperkuat basis massa pemilih di Jawa Timur. 

Hal ini jugalah yang membuat Prabowo menggandeng Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam koalisi di Pilpres 2024. Selain itu, Prabowo juga terjun langsung bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat dan ulama di Jawa Timur.

Langkah ini dilakukan untuk memperbesar peluang Prabowo mendapat tempat di kalangan masyarakat Jawa Timur. 

Juru bicara Tim Pemenangan Prabowo Subianto, Andre Rosiade mengakui kunci kemenangan Prabowo ada di Jatim. 

Andre menjelaskan, dari hitung-hitungan DPP Partai Gerindra, di daerah Jawa Barat, Prabowo berpeluang menang besar dibanding bakal calon presiden (bacapres) lain.

Baca Juga: Ketum PKB Ancam Prabowo Subianto: Kalau Tak Pasti, ke PDI-P Saja

Di Jatim, Prabowo pasti bersaing ketat dengan pemilih Ganjar Pranowo. Sedangkan Jatim menjadi daerah kunci untuk memenangkan suara di Pulau Jawa. 

"Seluruh pendukung Pak Prabowo tentu berkeinginan memenangkan Pak Prabowo di Jatim. Karena, kemungkinan, di Jabar bisa kami menangkan. Di Jateng bersaing ketat dengan Mas Ganjar. Kunci kemenangannnya adalah di Jatim," ujar Andre Rosiade di program Kompas Petang KOMPAS TV, Selasa (8/8/2023).

Andre menambahkan, untuk memuluskan langkah di Jatim, tidak menutup kemungkinan DPP Partai Gerindra akan menggadeng figur yang bisa meningkatkan suara. 

Salah satunya menggandeng Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai tim sukses Prabowo di Pilpres 2024.

Bahkan tidak menutup kemungkinan juga Khofifah menjadi pendamping Prabowo di Pilpres 2024, jika nantinya anggota Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), terutama PKB menyepakati mantan menteri sosial itu sebagai bacawapres Prabowo di Pilpres 2024. 

Baca Juga: Diajak Jadi Timses Ganjar Pranowo, Khofifah: Tunggu Arahan PBNU!

"Apakah Bu Khofifah bisa (jadi) cawapres Pak Prabowo, tergantung kesepakatan teman-teman koalisi, terutama PKB. Dan PKB sampai saat ini hanya mengusung dan mengusulkan satu nama, yaitu Gus Muhaimin Iskandar. Tetapi tentu kita berharap Bu Khohifah bersama-sama dengan Pak Prabowo," ujar Andre. 

Tambah Anggota

Lebih lanjut Andre menjelaskan, selain memperkuat pemilih di Jawa Timur, DPP Partai Gerindra juga mendapat tugas untuk menarik sebanyak mungkin partai yang mendukung Prabowo sebagai bacapres di 2024.

Saat ini, KKIR sudah mendapat tenaga tambahan dari Partai Bulan Bintang (PBB), dan akan menyusul Partai Gelora. 

Pihaknya berharap, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ikut bergabung mendukung Prabowo sebagai bacapres, begitu pula dengan PAN dan Partai Golkar. 

Baca Juga: Seberapa Kuat Pengaruh Khofifah Mendongkrak Kemenangan Bagi Capres Di Wilayah Jawa Timur?

"Saat ini fokus kami, bagaimana dukungan terhadap Prabowo terus bertambah. Saat ini ada PBB, ada Partai Gelora. Mudah-mudahan PSI dan partai lain, termasuk PAN dan Golkar, menyusul," ujar Andre. 


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x