Kompas TV nasional humaniora

Menhan Prabowo dan Habib Luthfi Temui Presiden Jokowi, Bahas Acara 29 Agustus 2023

Kompas.tv - 8 Agustus 2023, 20:13 WIB
menhan-prabowo-dan-habib-luthfi-temui-presiden-jokowi-bahas-acara-29-agustus-2023
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi memberi keterangan pers usai menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Selasa (8/8/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan.

Menhan Prabowo menjelaskan pertemuan ini untuk melaporkan rencana kegiatan Forum Muktamar Sufi Internasional atau World Sufi Assembly di Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia pada 29-31 Agustus 2023. 

Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya yang juga ketua Forum Sufi Internasional menggandeng Kemhan dalam kegiatan Muktamar Sufi Internasional. 

Rencananya acara tersebut akan dihadiri ulama-ulama Sufi yang berasal dari 64 negara di dunia. Kemudian tokoh ulama dari dalam negeri, rektor universitas dalam negeri hingga ormas Islam serta pimpinan pondok pesantren. 

"Karena ini merupakan kerja sama dengan Kemhan sejak beberapa tahun yang lalu. Saya tinggal lanjutkan, melaporkan ke Presiden akan melaksanakan muktamar Agustus 2023 di Pekalongan," ujar Prabowo usai pertemuan, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga: Syekh Yusuf Al-Makassari, Ulama, Sufi dan Pahlawan RI Peletak Dasar Islam di Afrika Selatan

Prabowo menambahkan ada empat hal yang dibahas dalam muktamar yang mengangkat tema 'Karya Sufi Kontemporer di dalam Dunia yang Dinamis' ini.

Empat hal itu yakni pendidikan sufi dan pengaruhnya terhadap penyucian jiwa, ekonomi dan pembangunan berkelanjutan, industri media dan opini publik, serta peran penting tasawuf dalam membangun manusia dan mengembangkan peradaban.

Prabowo berharap nantinya acara muktamar itu dapat dibuka langsung oleh Presiden Jokowi.

"Tadi sudah dilaporkan ke Bapak Presiden dan Bapak Presiden berkenan membuka Muktamar Sufi Internasional ini pada tanggal 29 Agustus yang akan datang," ujar Prabowo.

Sementara itu, Habib Luthfi hanya memberi pernyataan singkat mengenai pertemuannya dengan Jokowi pada sore hari ini. 

Baca Juga: [FULL] Pernyataan Prabowo Usai Temui Jokowi di Istana Bersama Habib Luthfi

"Saya maaf ya, saya tidak mau digiring urusan politik," ujar Luthfi.


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x