Kompas TV nasional hukum

Panglima TNI Jamin Objektif Tangani Kasus Kepala Basarnas, Minta KPK Serahkan Bukti ke POM TNI

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 11:08 WIB
panglima-tni-jamin-objektif-tangani-kasus-kepala-basarnas-minta-kpk-serahkan-bukti-ke-pom-tni
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat menerima paparan Revisi UU Nomor 34 Tahun 2004, di Mabes TNI, Cilangkap, Jumat (28/4/2023). (Sumber: Puspen TNI)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjamin lembaganya akan bersikap objektif dalam menangani kasus dugaan korupsi yang melibatkan Kepala Basarnas Marsdya Henri Alfiandi.

"Saya jamin objektif karena memang itu sudah kewenangannya, boleh dikontrol, kan sekarang ini di luar tidak bisa disembunyikan seperti itu," kata Yudo Margono di kediaman Wakil Presiden RI di Jakarta pada Rabu (2/8/2023).

Yudo menjelaskan penanganan kasus korupsi Kepala Basarnas seluruhnya akan ditangani oleh Polisi Militer atau POM TNI. 

Baca Juga: Panglima TNI Bantah Intervensi Kasus Kabasarnas: Intervensi, Kalau Saya Suruh Batalyon Geruduk KPK

"Diserahkan ke POM TNI, sesuai kewenangannya. Saya kan tidak punya kewenangan, yang menyidik yang jelas POM sama KPK karena ini tindak pidana korupsi, yang punya kewenangan kan KPK dan POM, kan sudah ada UU yang mengatur," ucap Yudo.

Menurut dia, penanganan kasus korupsi Kepala Basarnas yang ditangani oleh POM TNI itu sebagaimana diatur dalam undang-undang yang berlaku.

"Kan sesuai dengan ketentuan undang-undang (UU) semuanya, makanya dibentuk POM (Polisi Militer) TNI, memang untuk menyidik tindak pidana yang terjadi di militer,” ujar Yudo.

Karena itu, Yudo meminta kepada KPK untuk menyerahkan bukti-bukti kasus korupsi tersebut agar diserahkan kepada POM TNI.

"Kalau tidak diberikan ke POM kan tidak bisa, alat buktinya dari mana? Masa dari awal lagi? Dari awal lagi kan sulit, yang memiliki bukti kan dari KPK dan sudah diserahkan juga, makanya waktu kemarin press release itu kan sudah disampaikan semua," ucap Yudo.

Baca Juga: Panglima TNI Tegaskan Tak akan Lindungi Kepala Basarnas: Saya selalu Tunduk pada Undang-undang

Lebih lanjut, Yudo meminta kepada masyarakat untuk tidak berpikir bahwa ada perlindungan kepada Kepala Basarnas ketika kasusnya diambil alih oleh POM TNI.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x