Kompas TV nasional peristiwa

Dewan Etik Golkar: Kericuhan Kader Muda di Pulau Dua Senayan Bisa Masuk Pelanggaran

Kompas.tv - 27 Juli 2023, 06:50 WIB
dewan-etik-golkar-kericuhan-kader-muda-di-pulau-dua-senayan-bisa-masuk-pelanggaran
Ketua Dewan Etik Partai Golkar Mohammad Hatta di program Satu Meja the Forum KOMPAS TV, Rabu (26/7/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dewan Etik Partai Golkar bakal memanggil kedua pihak yang membuat kericuhan di acara diskusi Generasi Muda Partai Golkar (GMPG).

Ketua Dewan Etik Partai Golkar Mohammad Hatta menilai munculnya GMPG merupakan dinamika kader partai yang memiliki kartu anggota. 

Namun jika kehadiran GMPG sudah mengeruhkan suasana, membuat elektabilitas partai turun, hal ini masuk kepada pelanggaran etik.

"Kami akan klarifikasi pihak-pihak yang membuat kericuhan, jika terdapat data pelanggaran sesuai dengan kode etik, maka kami akan tingkatkan sidang pelanggaran," ujar Hatta di Satu Meja the Forum KOMPAS TV, Rabu (26/7/2023).

Hatta mengingatkan sebagai kader partai, seharusnya memahami perangkat dan ketentuan hukum organisasi. 

Baca Juga: Respons Airlangga Soal Pemukulan Jurnalis KompasTV di Lokasi Acara Diskusi GMPG

Jika ingin membuat kelompok menggunakan nama semacam suborganisasi maka harus melihat apakah keahadirannya berbenturan denagn organisasi yang secara resmi dibentuk partai. 

Menurut Hatta nama GMPG memang tidak ada dalam AD/ART partai. Namun pihaknya memandang kemunculan GMPG merupakan dinamikan kader muda partai yang memiliki kartu anggota.

Akan tetapi Hatta mengingatkan kehadiran GMPG yang diisi kader partai juga harus memahami perangkat dan ketentuan hukum organisasi. 

"Kalau itu (GMPG) berbentuk dinamika sekelompok anak muda, kita anggap sebagai demokratis dinamika pemuda. Kalau sudah menjurus kepada mengeruhkan suasana, membuat elektabilitas partai turun, ini masuk kepada kasus dugaan pelanggaran etik," ujar Hatta.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x