Kompas TV nasional peristiwa

Analog Switch-off Hampir 100 Persen, KPI Usulkan Deklarasi ASO Nasional Besok 12 Agustus 2023

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 01:05 WIB
analog-switch-off-hampir-100-persen-kpi-usulkan-deklarasi-aso-nasional-besok-12-agustus-2023
Seorang pramuniaga mengecek dekoder televisi atau set top box atau STB yang dijual di salah satu toko elektronik di Tangerang Selatan, Banten, Jumat (28/10/2022). Program peniadaan siaran televisi analog atau analog switch-off (ASO) dinilai dapat segera selesai dan semua siaran televisi di Indonesia beralih ke digital. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pun mengusulkan Deklarasi ASO Nasional dilangsukan pada 12 Agustus 2023 mendatang, bertepatan dengan Hari Penyiaran Indonesia. (Sumber: ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Program peniadaan siaran televisi analog atau analog switch-off (ASO) dinilai dapat segera selesai dan semua siaran televisi di Indonesia beralih ke digital. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pun mengusulkan Deklarasi ASO Nasional dilangsungkan pada 12 Agustus 2023 mendatang, bertepatan dengan Hari Penyiaran Indonesia.

Produksi televisi atau TV digital dan STB di Indonesia dinilai telah mendukung penerapan ASO secara nasional. Per 25 Juli 2023, pemantauan penetrasi siaran digital yang ada disebut menunjukkan bahwa Indonesia siap menerapkan ASO sepenuhnya.

"(Sebanyak) 23 lebih produsen TV digital telah memproduksi TV digital (produksi TV analog sudah dihentikan sejak tahun 2021) dengan berbagai ukuran dengan TKDN (tingkat komponen dalam negeri) lebih dari 20% yang dipersyaratkan dengan dilengkapi Early Warning System (EWS) untuk peringatan dini kebencanaan yang telah siap diterapkan di Indonesia dengan harga terjangkau, tersedia di pasaran retail maupun marketplace," demikian rilis Kominfo yang diterima Kompas TV, Selasa (25/7).

Baca Juga: Survei Nielsen: Penetrasi TV Digital di 11 Kota Besar Mendekati 95 Persen

Kominfo pun menyebut infrastruktur multipleksing Mux sudah dibangun oleh TVRI dan TV swasta di 341 kabupaten/kota yang terdampak peralihan ke siaran digital. Kominfo menyebut saat ini tinggal 10 dari ratusan stasiun TV di Indonesia yang memakai siaran analog.

Selain itu, menurut pengukuran Nielsen di 11 kota besar Indonesia, jumlah penonton TV pasca-peralihan ke siaran digital sudah menuju normal. Per 1 Juli 2023, survei Nielsen mengungkapkan bahwa penonton siaran digital di Indonesia telah mencapai 124 juta penonton (95,4%).

"Dengan melihat data-data tersebut, dorongan industri dan stakeholder penyiaran, Indonesia telah siap menuju ASO nasional serta diharapkan sebelum ulang tahun kemerdekaan Indonesia, siaran TV sudah full siaran digital sebagai kado termanis dari industri, stakeholder penyiaran," demikian tulis Kominfo.

Baca Juga: Penghentian TV Analog di Sulsel 1 Resmi Dilakukan, Kota Medan Paling Lambat 20 Juli 2023


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x