Kompas TV nasional peristiwa

Prakiraan Cuaca BMKG: Sebagian Kota Indonesia Cerah Berawan, Efek El Nino & IOD yang Bikin Khawatir

Kompas.tv - 20 Juli 2023, 06:55 WIB
prakiraan-cuaca-bmkg-sebagian-kota-indonesia-cerah-berawan-efek-el-nino-iod-yang-bikin-khawatir
Ilustrasi cuaca berawan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah berawan di sebagian kota besar di Indonesia pada hari ini, Kamis (20/7/2023).  (Sumber: SHUTTERSTOCK via Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah berawan di sebagian kota besar di Indonesia pada hari Kamis (20/7/2023). 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan fenomena El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) positif yang saling memperkuat selama musim kemarau dapat berdampak pada penurunan sumber air hingga kegagalan panen.

Menurut Dwikorita, kedua fenomena tersebut mengakibatkan musim kemarau menjadi lebih kering dan curah hujan sangat rendah hingga hampir tidak ada.

Baca Juga: Apa Itu Embun Upas? Ini Penjelasan BMKG, Lengkap dengan Penyebabnya

"Bahkan bisa saja selama dua bulan menjadi sama sekali hari tanpa hujan. Akibatnya, tentu kekurangan air, kita khawatir akan kekurangan sumber mata air menjadi kering, karena resapan hujannya juga berkurang," tutur Dwikorita.

Kondisi ini dapat mengakibatkan berkurangnya uap air, dan berpotensi mengurangi sumber air yang ada, mengganggu aktivitas pertanian dan kehidupan sehari-hari masyarakat.

"Nah, kalau kita kekurangan sumber air, yang terganggu adalah pertanian dan juga kehidupan sehari-hari menjadi kekurangan air," lanjut Dwikorita, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Alaska Diguncang Gempa, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami di Indonesia

Hari ini sebagian besar kota diprakirakan cerah berawan. Namun ada beberapa kota yang berpotensi mengalami hujan ringan dan hujan petir.


Berikut ringkasan prakiraan cuaca di beberapa kota besar di Indonesia:

  • Cerah Berawan: Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, Jambi, Bandung, Semarang, Surabaya, Mataram, Kupang, Jayapura, dan Makassar.
  • Berawan dan Berpotensi Hujan Ringan: Banda Aceh, Bengkulu, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Manokwari, Mamuju, Kendari, Padang, dan Medan.
  • Berpotensi Hujan Petir: Pekanbaru dan Palembang.

Baca Juga: Memasuki Musim Kemarau, BMKG Peringatkan Ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan di NTT



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x