Kompas TV nasional peristiwa

Panglima TNI Mutasi 96 Perwira Tinggi Termasuk Ganti 7 Pangdam, Ini Daftarnya

Kompas.tv - 19 Juli 2023, 13:55 WIB
panglima-tni-mutasi-96-perwira-tinggi-termasuk-ganti-7-pangdam-ini-daftarnya
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memberangkatkan Satuan Tugas untuk mengevakuasi para warga negara Indonesia di Sudan, Senin (24/3/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi dan promosi jabatan untuk 96 perwira tinggi dari angkatan darat, laut, dan udara.

Mutasi, rotasi dan promosi tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tanggal 17 Juli 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

“Telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 96 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 53 Pati TNI AD, 26 Pati TNI AL dan 17 Pati TNI AU,” kata Plt. Kabidpenum Puspen TNI, Letkol Laut (KH) Bazisokhi Gea, Rabu (19/7/2023) melalui keterangan tertulis.

Ia menjelaskan, mutasi maupun rotasi dan promosi tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI ke depan yang semakin kompleks dan dinamis.

Mutasi 7 Pangdam

Dari sejumlah perwira tinggi TNI AD yang dimutasi, di antaranya adalah Mayjen TNI Sonny Aprianto, dari Pangdam IX/Udy menjadi Asintel Panglima TNI, sementara posisinya sebagai Pangdam IX/Udy digantikan oleh Mayjen TNI Harfendi, yang sebelumnya menjabat Koorsahli Panglima TNI.

Selanjutnya Mayjen TNI Alfret Denny D Tuejen dari Pangdam XIII/Mdk menjadi Irjenad, kemudian Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko, dari Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Intekmil dan Siber menjadi Pangdam XIII/Mdk.

Baca Juga: Panglima TNI Mutasi 176 Perwira Tinggi dari Angkatan Darat, Laut, dan Udara

Lalu, Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, dari Pangdam XVI/Ptm menjadi Pa Sahli Tk III Kasad Bid Intekmil dan Siber, posisinya sebagai Pangdam XVI/Ptm digantikan oleh Mayjen TNI Syfrial, PSC, yang tadinya menjabat Kaskostrad.

Selanjutnya, jabatan Kaskostrad dipegang oleh Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang sebelumnya menjabat Pa Sahli Tk III Kasad Bid Sosbudkum HAM dan Narkoba.

Kemudian, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, dari Pangdam III/Slw menjadi Wadankodiklatad, posisinya sebagai Pangdam III/Slw digantikan oleh Mayjen TNI Erwin Djatmiko yang sebelumnya menjabat Gubernur Akmil.

Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha,  yang sebelumnya menjabat sebagai Kasdam XVII/Cen menjadi Gubernur Akmil.

Sementara, Brigjen TNI Yudha Medy Dharma Zafrul, yang sebelumnya menjabat Danpusintelad menjadi Kasdam XVII/Cen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x