Kompas TV nasional rumah pemilu

Head to Head Ganjar, Prabowo dan Anies jika Pilpres 2 Putaran versi Survei LSI

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 07:40 WIB
head-to-head-ganjar-prabowo-dan-anies-jika-pilpres-2-putaran-versi-survei-lsi
Tiga nama kandidat capres yang mendapat keterpilihan tinggi dari survei Indikator Politik Indonesia, Rabu (19/4/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terbaru elektabilitas kandidat capres 2024. 

Survei yang digelar awal Juli 2023 ini LSI mencoba melakukan simulasi hasil perolehan suara jika Pilpres 2024 dilakukan dua putaran. 

Kandidat yang diuji tiga nama bakal capres teratas dalam berbagai survei, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. 

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menjelaskan, jika melihat ada tiga nama yang selalu unggul di berbagai survei ada kemungkinan Pilpres 2024 berjalan dua putaran. 

Lantas siapa yang akan mungkin menang di putaran kedua. Dalam simulasi nama Anies Baswedan melawan Ganjar Pranowo dimenangkan oleh Ganjar dengan perolehan 48,0 persen berbanding 34,1 persen. Sedangkan responden yang tidak memilih atau tidak menjawab 17,9 persen. 

Baca Juga: Survei LSI: Elektabilitas Prabowo 7 Bulan Terakhir Menguat

Kemudian simulasi Anies melawan Prabowo di putaran kedua Pilpres, maka selisihnya 24 persen dimenangkan Prabowo.

Anies memperoleh 27,9 persen sedangkan Prabowo 50,9 persen, dan responden yang tidak menjawab atau tidak menentukan pilihan 21,2 persen. 

"Nah kalau Ganjar melawan Prabowo di putaran kedua, maka saat ini Prabowo unggul signifikan 10 persen. Ganjar 38,1 persen dan Prabowo 48,1 persen. Tetapi karena belum mencapai 50 persen Prabowo belum aman," ujar Djayadi dikutip dari kanal YouTube Lembaga Survei Indonesia, Rabu (12/7/2023).

LSI juga melakukan simulasi pemenang Pilpres 2024 jika dilakukan saat survei berlangsung kepada ketiga kandidat yang sudah mendapatkan pasangan calon.

Jika Anies berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono, hasil survei LSI 19,7 persen. Kemudian jika Prabowo berpasangan Erick Thohir hasilnya 34,8 persen.

Baca Juga: Survei LSI: Elektabilitas Prabowo sebagai Bacapres 35,8%, Erick Thohir sebagai Bacawapres 14,3%



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x