Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei LSI: Elektabilitas Prabowo sebagai Bacapres 35,8%, Erick Thohir sebagai Bacawapres 14,3%

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 06:05 WIB
survei-lsi-elektabilitas-prabowo-sebagai-bacapres-35-8-erick-thohir-sebagai-bacawapres-14-3
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir pada Rabu (17/5/2023). (Sumber: Instagram: @prabowo.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terekam menempati peringkat tertinggi dibandingkan dengan dua bakal capres lainnya, yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Hal itu berdasarkan hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) teranyar. 

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menjelaskan, elektabilitas Prabowo mencapai 35,8 persen, Ganjar 32,2 persen, dan Anies 21,4 persen. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Buka Suara soal Baliho Fotonya dan Prabowo Tersebar di Sejumlah Daerah

"Prabowo unggul 3,6 persen. Sudah cukup bagus, tapi belum mencapai dua kali margin of error," kata Djayadi dalam paparannya secara daring, Selasa (11/7/2023). 

Selanjutnya, elektabilitas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menduduki posisi pertama sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) pilihan masyarakat pada hasil survei tersebut. 

“Pilihan bakal cawapres individu, ada yang menarik, pada Juli ini, yang biasa Erick Thohir tak pernah menjadi nomor satu pilihan masyarakat, tapi Juli ini, Erick Thohir nomor satu dengan 14,3 persen mengungguli (Gubernur Jawa Barat) Ridwan Kamil yang 13,5 persen. Ini untuk pertama kalinya, cawapres pilihan masyarakat, untuk 24 nama semi terbuka,” ujarnya.

Ia mengatakan, nama ketua umum PSSI itu menduduki posisi utama dalam simulasi 12 nama bakal cawapres di Pilpres 2024. 

Erick Thohir, kata dia, menduduki posisi pertama sebagai bakal cawapres dengan 18,5 persen unggul dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

“Untuk simulasi 12 nama, Erick Thohir juga menduduki posisi pertama, 18,5 persen, diikuti Ridwan Kamil 16,6 persen, Sandiaga Uno, AHY, dan seterusnya. Yenny Wahid masih cukup jauh, termasuk juga nama baru Nazarudin Umar,” kata dia.


Dalam survei tersebut, nama Erick Thohir juga masih menduduki posisi pertama sebagai bacawapres dalam simulasi 7 nama. Ia mendapatkan perolehan sebesar 21,2 persen, unggul jauh dari nama-nama bacawapres lainya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x