Kompas TV nasional peristiwa

Hari Pertama Sekolah, Anies Kenang saat Antar Anak ke Sekolah, Kebijakan saat Jadi Mendikbud

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 11:17 WIB
hari-pertama-sekolah-anies-kenang-saat-antar-anak-ke-sekolah-kebijakan-saat-jadi-mendikbud
Unggahan Anies Baswedan saat antar anak ke sekolah pada 2016 silam (Sumber:twitter Anies Baswedan-)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini, Rabu (12/7/2023) menjadi hari pertama sekolah (HPS) bagi para siswa di Jakarta. Bakal calon presiden dari koalisi perubahan Anies Baswedan pun memposting foto saat dia mengantar anaknya, saat pertama masuk sekolah pada 2016 silam.

"2016, antar Kaisar di hari pertama sekolah. Selamat HPS buat siswa-siswi yang masuk hari ini. Turut senang buat orang tua yang memiliki keluangan untuk antar anaknya hari ini. Semoga tahun ajarannya menyenangkan!," tulis Anies dalam unggahan di Twitter pribadinya, Rabu (12/7/2023).

Pada Juli 2016 silam, Anies baru saja berhenti sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) di era Kabinet Gotong Royong Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Waktu itu, Anies digantikan oleh Muhadjir Effendy.

Baca Juga: Sepulang Haji, Anies Dijemput AHY: Tak Cawe-cawe Revitalisasi JIS hingga Ogah Bahas Bakal Cawapres

Dalam foto yang diunggah, Anies terlihat mengendarai motor lengkap dengan helm dan jaket. Sementara sang anak, Kaisar Hakam, terlihat dibonceng di belakang sambil memgendong tas dan membawa pianika.


Saat menjabat sebagai Mendikbud, Anies memang mengeluarkan kebijakan agar para orang tua murid mengantar anaknya di hari pertama sekolah. Kebijakan itu dituangkan dalam Surat Edaran nomor 4 tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah yang sebagian besar jatuh pada 18 Juli 2016. Orangtua diimbau mengantar anak di hari pertama sekolah.

Dalam dokumen yang ditandatanganinya pada (11/7/2016) kemudian beredar Rabu (13/7/2016), Anies mengimbau aparatur sipil daerah untuk mengantarkan anak ke sekolah di hari pertama dan memberikan dispensasi dapat memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah.

Baca Juga: NasDem Konsolidasi Internal pada 16 Juli di GBK: Surya Paloh dan Anies Baswedan Beri Pidato Politik

Anies juga mengimbau instansi swasta di daerah memberi dispensasi bagi karyawan untuk dapat memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah hari pertama.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x