Kompas TV nasional politik

Sepulang Haji, Anies Dijemput AHY: Tak Cawe-cawe Revitalisasi JIS hingga Ogah Bahas Bakal Cawapres

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 08:12 WIB
sepulang-haji-anies-dijemput-ahy-tak-cawe-cawe-revitalisasi-jis-hingga-ogah-bahas-bakal-cawapres
Foto arsip. Bakal capres Anies Baswedan bertemu dengan masyarakat Kalimantan Selatan, Kamis (16/2/2023). Anies Baswedan dijemput Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) setibanya di Indonesia usai menunaikan ibadah haji. (Sumber: Twitter: @aniesbaswedan)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan telah pulang ke Indonesia usai menunaikan ibadah haji pada Rabu (12/7/2023) dinihari. 

Melansir laporan tim jurnalis KompasTV, pesawat mantan Gubernur DKI Jakarta itu tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang sekitar pukul 01.05 WIB.

Terdapat fakta-fakta menarik setelah Anies tiba di Tanah Air. Berikut rangkumannya:

1. Dijemput AHY

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjemput kedatangan Anies di bandara. Hal ini juga dilakukan AHY kala melepas Anies berangkat haji ke Tanah Suci beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Cerita Anies soal Pertemuannya dengan Ganjar Saat Naik Haji: Diskusinya tentang Ibadah 

AHY menjelaskan, niatnya mengantar dan menjemput Anies murni niatan sekadar menjemput. 

Menurutnya, dia senang apabila mendapat kesempatan mengantar jemput Anies yang naik haji. 

"Ini kita benar-benar ingin menjemput aja. Saya waktu itu sempat antarkan. Dan kalau bisa turut menjemput juga saya senang sekali," kata AHY. 

2. Anies cerita pertemuannya dengan Ganjar di Arab Saudi

Anies menceritakan isi obrolannya dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ketemu di Tanah Suci ketika menunaikan ibadah haji, beberapa waktu lalu. 

Anies menyebut, pertemuannya dengan bakal capres PDI-P itu di Arab Saudi hanya membicarakan ihwal pengalaman masing-masing kala menjalani ibadah rukun Islam kelima tersebut. 

"Diskusinya tentang ibadah, tentang pengalaman haji, tentang hikmah haji, tentang hal-hal yang terkait dengan kegiatan kita selama haji di sana," kata Anies.


3. Tak cawe-cawe soal revitalisasi JIS

Anies menanggapi rencana renovasi Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara yang akan dilakukan pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta. 

Anies menyatakan dirinya tak akan ikut campur ihwal adanya polemik di publik terkait renovasi JIS dalam menyongsong perhelatan Piala Dunia U17.

"Oh ya, saya enggak cawe-cawe dah," kata Anies.

4. Ogah bahas sosok bakal cawapres

Setibanya di Tanah Air, Anies masih enggan menjelaskan sosok bakal cawapres yang ia pilih untuk mendampinginya di Pilpres 2024.

"Nanti dah, sesudah, sesudah ini saja kali ya," ujar Anies saat baru tiba di Bandara Soetta. 

5. Anies di Arab Saudi fokus ibadah

Baca Juga: Anies Ditanya soal Renovasi JIS: Saya Enggak Cawe-cawe Dah

Anies mengatakan, tidak ada pembahasan mengenai bakal cawapres ketika dirinya sedang melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. 

Dia mengaku fokus beribadah selama berada di Arab Saudi. "Di sana full ibadah. Kita semua beribadah, dan doa kita mudah-mudahan kita dibawa ke surga firdausnya nanti," katanya.




Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x