Kompas TV nasional rumah pemilu

NasDem Konsolidasi Internal pada 16 Juli di GBK: Surya Paloh dan Anies Baswedan Beri Pidato Politik

Kompas.tv - 4 Juli 2023, 19:01 WIB
nasdem-konsolidasi-internal-pada-16-juli-di-gbk-surya-paloh-dan-anies-baswedan-beri-pidato-politik
Foto Arsip. Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Partai NasDem akan menggelar konsolidasi internal di Gelora Bung Karno (GBK) pada 16 Juli 2023 mendatang. (Sumber: KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai NasDem akan menggelar konsolidasi internal di Gelora Bung Karno (GBK) pada 16 Juli 2023 mendatang.

Ketua DPP NasDem Sugeng Suparwoto menyebut dalam acara tersebut Ketua Umum (Ketum) NasDem Surya Paloh dan bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan bakal menyampaikan pidato politik.

"Kegiatannya apa? kegiatannya adalah menunggu arahan baru Pak Ketum dalam hal ini Pak Surya, ada juga pidato dari Anies sebagai capres," kata Sugeng, di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (4/7/2023). 

Ia menyebut, konsolidasi internal partai tersebut akan dihadiri seluruh kader maupun calon legislatif NasDem dari seluruh Indonesia.

Menurut penjelasannya, acara tersebut digelar untuk mempersiapkan NasDem menghadapi Pemilu 2024.

"Kita perlu mengecek istilahnya Pak Surya bagaimana mengecek kesiapan kita menghadapi pemilu yang tinggal 8 bulan ini. Kegiatan akan dilaksanakan di GBK tanggal 16 Juli," tegasnya, dikutip dari Tribunnews.

Senada dengan Sugeng, Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai Nasdem Charles Meikyansah mengatakan Anies Baswedan dan Surya Paloh juga akan menyampaikan pidato kebangsaan dalam momentum tersebut.

"Pidato kebangsaan yang disampaikan terkait dengan kondisi kebangsaan sampai saat ini dan apa yang akan dilakukan Pak Anies ke depan sampai 2024," kata Charles, Senin (3/7).

"Bahkan, sudah mulai tuh visi-misi yang akan disampaikan 1, 2 ,3 hal terkait dengan Indonesia ke depan dari 2024 sampai 2029 mendatang,"  imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Ingatkan Persaingan Politik Tak Ganggu Program, Nasdem Usul Menteri Maju Pilpres Mundur

Lebih lanjut pihaknya membuka kemungkinan mengundang partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Adapun partai yang dimaksud, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat.

"Pasti, kalau diajak pasti ya, kalau diajak Partai Demokrat dengan PKS," ujarnya, Selasa (4/7).

"Namun nanti memang fokus kekuatan yang akan hadir itu menghadirkan seluruh kader, yang disebut kader adalah pengurus Nasdem di tingkat pusat sampai pusat kabupaten/kota, sampai tingkat ranting," imbuhnya.

Seperti diketahui, Koalisi Perubahan untuk Persatuan telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024 mendatang.

Bahkan diketahui, Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut sudah mengantongi nama pendampingnya di Pilpres 2024 yang telah disepakati jajaran partai koalisi. 

Hal ini disampaikan Sugeng Suparwoto juga Anggota Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan dari Partai NasDem.

"Soal pembahasan (bakal) Cawapres sudah dapat dikatakan selesai. Nama-nama yang diusulkan oleh partai koalisi dan masukan masyarakat telah selesai kami kaji secara mendalam. Satu nama sudah dikantong bakal capres Anies," kata Sugeng, Rabu (21/6). 

Baca Juga: Kata Ketum Nasdem Surya Paloh Soal Isu Kedekatan PDI Perjuangan dan Demokrat




Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x