Kompas TV nasional peristiwa

Mahasiswa Maluku Tewas di Sungai Rusia, Pemerintah Upayakan Kepulangan Jenazah

Kompas.tv - 3 Juli 2023, 19:05 WIB
mahasiswa-maluku-tewas-di-sungai-rusia-pemerintah-upayakan-kepulangan-jenazah
Ilustrasi jenazah (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Fadhilah

VOLGOGRAD, KOMPAS.TV - Seorang mahasiswa asal Maluku Tengah, Maluku, Jamaluddin Maulana Rolobessy, yang sedang belajar di Volgograd State, Rusia, meninggal setelah tenggelam di Sungai Volga pada 26 Juni 2023.

Pemerintah Provinsi atau Pemprov Maluku, melalui Sekretaris Daerah Sadali menyatakan berduka atas peristiwa tersebut dan berjanji untuk berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskwa untuk memulangkan jenazah Jamaluddin.

"Atas perintah Gubernur Maluku Murad Ismail, kami telah mengambil langkah berkoordinasi dengan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskwa," kata Sadali, dikutip dari Antara, Sabtu (1/7/2023).

Baca Juga: Polda Maluku Tetapkan 2 Anggota Polisi sebagai Tersangka Kasus Dugaan Pemerkosaan

Jamaluddin adalah anak dari pasangan Hairun Nasir dan Nurhidaya Tehumatena, yang berdomisili di Desa Tial, Kabupaten Maluku Tengah.

KBRI Moskwa juga telah menyampaikan belasungkawa dan berkomunikasi dengan pihak kepolisian Volgograd dan Volgograd State University serta berusaha menghubungi keluarga Jamaluddin.

Dalam upaya memulangkan jenazah Jamaluddin, berbagai langkah telah dan akan terus dilakukan.

Jenazah Jamaluddin saat ini berada di rumah duka di Kota Volgograd untuk proses otopsi, sesuai dengan hukum Federasi Rusia.

Pemprov Maluku berupaya melakukan koordinasi secara intensif dengan KBRI di Moskwa maupun dengan keluarga korban untuk mengatur rencana kepulangan jenazah Jamaluddin.

Baca Juga: Polisi Tetapkan 4 Tersangka Kasus Pembacokan Anggota TNI yang sedang Bertugas di Maluku Tengah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x