Kompas TV nasional peristiwa

Sederet Sapi Kurban Jokowi, Ada yang Harganya di Atas Rp100 Juta, Sempat Dikira Hoaks

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 22:00 WIB
sederet-sapi-kurban-jokowi-ada-yang-harganya-di-atas-rp100-juta-sempat-dikira-hoaks
Salah satu sapi yang dipilih oleh tim kepresidenan untuk dijadikan sebagai hewan kurban pada Hari Raya Iduladha 2023 berasal dari peternak di Kabupaten Sleman. Sejumlah sapi milik Jokowi untuk hewan kurban pada Iduladha 2023 di berbagai daerah. (Sumber: Antara)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada Hari Raya Iduladha 2023 ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyalurkan bantuan kemasyarakatan hewan kurban sapi.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menjelaskan, sapi kurban Presiden tersebut akan disalurkan ke 38 provinsi, termasuk provinsi-provinsi baru.

“(Sapi) dicek kesehatannya, harus bebas dari penyakit mulut dan kuku, dan tentunya bobotnya juga antara 900 kg sampai 1,2 ton,” kata Heru, Jumat (23/6/2023).

Adapun untuk jenis sapinya, ia menyebut  sapi yang disalurkan ke tiap provinsi memiliki jenis yang beragam, baik simental, limosin, angus, hingga peranakan ongole.

Sapi Kurban Jokowi di Sumut

Presiden Jokowi membeli sapi bobot 1,02 ton atau 1.020 kilogram di Sumatera Utara (Sumut) untuk hewan kurban pada Iduladha 1444 Hijriah. Sapi berjenis Limosin tersebut dibeli dari warga Deli Serdang, bernama Rahmat. 

Rahmat menyebut, sapi tersebut bernama Mosin dan akan diserahkan kepada Mesjid Agung Medan pada Rabu (28/6).

Menurut ceritanya, pembelian Mosin oleh Jokowi, berawal dari adanya utusan Pemerintah Provinsi Sumut yang datang untuk mencari sapi di Desa Tandem Hilir, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang. Utusan itu mencari sapi dengan berat satu ton. 

"Kemudian kami menawarkan sapi ini kepada pihak provinsi tersebut. Lalu sapi itu ditimbang, setelah itu diambil darah, air liur dan kotorannya," tuturnya, Minggu (25/6).

15 hari kemudian, kata Rahmat, pihak dari provinsi datang untuk membeli Mosin. Sapi itu pun mendapatkan obat cacing dan vitamin.

"Sapi si Mosin dengan berat 1.020 kg ini ditawarkan Rp90 juta," ujarnya, dikutip dari Antara.

Sapi Kurban Jokowi di Aceh

Di Aceh, Presiden Jokowi membeli sapi berbobot mencapai satu ton lebih atau lebih tepatnya 1.088 kilogram (kg) yang dibeli dari peternak asal Banda Aceh.

Kepala Dinas Peternakan Aceh Zalsufran menyebut sapi tersebut berjenis Simental, berumur empat tahun.

Ia menyebut, sapi bantuan Presiden tersebut diberikan kepada Kabupaten Aceh Singkil dan telah dilakukan proses serah terima oleh Gubernur Aceh.

"Sudah serah terima oleh Gubernur Aceh menyerahkan langsung kepada Bupati Aceh Singkil," ujarnya, Rabu (28/6), dikutip dari Antara.

Baca Juga: Hendak Dijadikan Hewan Kurban Iduladha 2023, Sapi di Surabaya Berontak hingga Terperosok ke Waduk

Sapi Kurban Jokowi di Sumbar

Presiden Jokowi juga membeli sapi untuk kurban dari seorang anggota kepolisian yang berdinas di Polsek Padang Panjang bernama Aiptu Eko Setiawan.

Sapi kurban untuk Sumatera Barat (Sumbar) tersebut memiliki bobot kurang lebih 1.080 kilogram.

"Nama saya Eko Setiawan yang merupakan seorang anggota Polri. Saat ini menjabat sebagai Kanit 2 SPKT Polsek Padang Panjang yang ada di wilayah hukum Polres Padang Panjang," kata Eko Setiawan, Rabu (28/6).

"Sapi saya jenis limosin (sapi berwarna keemasan) dengan bobot lebih kurang 1.080 kilogram. Untuk jenis kelaminnya jantan," ujarnya.

Ia pun mengaku senang saat sapinya terpilih menjadi sapi kurban presiden yang dipilih oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat.

Sapi Kurban Jokowi di DKI Jakarta

Untuk di DKI Jakarta, Jokowi memberikan sapi jantan sapi berjenis simental berbobot 1,2 ton.

Kasetpres Heru Budi menyebut, sapi tersebut akan diserahkan ke Masjid Istiqlal.

“Di Jakarta, Bapak Presiden akan memberikan sapi kepada Masjid Istiqlal," kata Heru, Jumat.



Sumber : Kompas TV/Antara/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x