Kompas TV nasional humaniora

Kemnaker Minta Disknaker Sulawesi Tengah Dalami Kecelakaan Kerja di PT GNI Morowali Utara

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 17:45 WIB
kemnaker-minta-disknaker-sulawesi-tengah-dalami-kecelakaan-kerja-di-pt-gni-morowali-utara
Insiden kecelakaan kerja kembali terjadi di pabrik smelter PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) Desa Bunta, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah. (Sumber: Kompas.tv)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pihak Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meminta Dinas Ketenagakerjaan Sulawesi Tengah (Sulteng) segera melakukan pendalaman kasus kecelakaan kerja di PT Gunbuster Nickel Industri atau GNI, Morowali Utara, Sulteng.

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kemenaker, Haiyani Rumondang, pihaknya sudah mengetahui adanya kecelakaan kerja di PT GNI pada Senin (26/6/2023).

Berkaitan dengan hal itu, Kemnaker meminta Dinas Ketenagakerjaan Sulawesi Tengah (Disnaker Sulteng) mendalami dan mengerahkan pengawas ketenagakerjaan.

“Kami minta agar penyebab kecelakaan kerja dipastikan supaya tidak terulang kejadiannya di kemudian hari,” kata Haiyani usai peluncuran platform Norma 100, Selasa (27/6/2023) sore, di Jakarta.

“Apabila ada potensi bahaya, ini seharusnya bisa dikenali sebelumnya. Apabila potensi bahaya baru ketahuan sekarang, maka harus segera ditindaklanjuti,” imbuhnya.

Baca Juga: Kecelakaan Kerja kembali Terjadi di PT GNI, Safri: Pemerintah Tidak Punya Nyali Tegur Mereka

Ia menegaskan, pihaknya tidak bisa mereka-reka penyebab kecelakaan kerja, termasuk yang terjadi di PT GNI.

Kemenaker, kata dia, baru dapat menyimpulkan penyebab kecelakaan setelah mendapatkan bukti yang dilaporkan oleh pengawas ketenagakerjaan.

“Hal lain yang penting adalah pekerja yang menjadi korban kecelakaan kerja harus segera mendapatkan pertolongan. Hak-haknya terpenuhi,” kata Haiyani.



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x