Kompas TV nasional peristiwa

Jemaah Salat Iduladha di Gedung PP Muhammadiyah Membeludak

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 09:29 WIB
jemaah-salat-iduladha-di-gedung-pp-muhammadiyah-membeludak
Jemaah salat Iduladha di Gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/6/2023) pagi membeludak. (Sumber: Tangkap layar KompasTV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Jakarta Pusat dipadati jamaah salat Iduladha pada Rabu (28/6/2023) pagi. Jumlah jemaah membeludak hingga ke Jalan Raya Menteng.

Jurnalis KompasTV Asri Gunawan melaporkan jemaah yang melaksanakan salat Iduladha memadati dua lajur di Jalan Raya Menteng.

Selain itu terdapat penutupan arus dari arah Gondangdia menuju Monas selama salat Iduladha berlangsung.

Baca Juga: Menko PMK Muhadjir Effendy dan Dubes RI untuk Beirut Salat Iduladha di Gedung PP Muhammadiyah

Ketua Panitia Shalat Idul Adha Gedung PP Muhammadiyah Zainal Abidin menyebutkan bahwa pihaknya telah mendapatkan izin dari otoritas keamanan setempat untuk menggunakan sebagian jalur jalan dari arah Gondangdia.


Untuk memfasilitasi kegiatan ini, satu jalur jalan dari arah Stasiun Gondangdia ditutup mulai pukul 06.00 WIB dan kendaraan yang hendak menuju arah Monumen Nasional dialihkan ke jalan lain.

Sekretaris Majelis Tarjih PP Muhammadiyah, KH Endang Mintarja, bertindak sebagai imam dan khatib dalam pelaksanaan shalat Idul Adha di Gedung PP Muhammadiyah.

Baca Juga: 7 Jemaah Haji Indonesia Meninggal usai Wukuf, Menag: Lempar Jumrah Dibadalkan bagi yang Tak Mampu

Sebelum saalat Idul Adha, Zainal juga menyampaikan bahwa PP Muhammadiyah telah mengirimkan 19 sapi kurban ke pimpinan cabang dan pondok pesantren Muhammadiyah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Warga Muhammadiyah telah melaksanakan shalat Idul Adha 1444 Hijriah lebih awal dari penetapan pemerintah yang menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x