Kompas TV nasional peristiwa

Menko PMK Muhadjir Effendy dan Dubes RI untuk Beirut Salat Iduladha di Gedung PP Muhammadiyah

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 09:10 WIB
menko-pmk-muhadjir-effendy-dan-dubes-ri-untuk-beirut-salat-iduladha-di-gedung-pp-muhammadiyah
Suasana salat iduladha 1444 H, Rabu (28/6/2023) pagi di wilayah Gedung PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Beirut, Hajriyanto Y. Thohari, melaksanakan salat Iduladha 1444 Hijriah, Rabu (28/6/2023) pagi di Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Jakarta Pusat.

Informasi ini disampaikan oleh Ketua Panitia Shalat Iduladha Gedung PP Muhammadiyah, Zainal Abidin. Gedung PP Muhammadiyah dipenuhi oleh jamaah shalat Iduladha pada Rabu pagi yang cerah, bahkan membeludak hingga ke bagian Jalan Raya Menteng.

Baca Juga: Suasana Pelaksanaan Salat Iduladha 1444 H di Kantor Pusat Muhammadiyah

Sekretaris Majelis Tarjih PP Muhammadiyah, KH Endang Mintarja, bertindak sebagai imam dan khatib dalam shalat Idul Adha tersebut.

Zainal Abidin mengungkapkan bahwa pengurus PP Muhammadiyah telah mendapat izin dari otoritas keamanan setempat untuk menggunakan sebagian jalur jalan dari arah Gondangdia untuk pelaksanaan salat id.

Melansir Antara, Satu jalur jalan dari arah Stasiun Gondangdia ditutup mulai pukul 06.00 WIB dan selama pelaksanaan shalat Id kendaraan yang hendak menuju arah Monumen Nasional dialihkan ke jalan lain.

Baca Juga: Muhammadiyah Iduladha 28 Juni, tapi Anjurkan Sembelih Hewan Kurban 29 Juni demi Jaga Kerukunan Umat

Sebelumnya, Zainal menginformasikan bahwa PP Muhammadiyah telah mengirimkan sebanyak 19 sapi kurban ke berbagai pimpinan cabang dan pondok pesantren Muhammadiyah.


Wilayah tersebut meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Sapi-sapi tersebut akan disembelih dalam rangka perayaan Hari Raya Iduladha.

Baca Juga: Iduladha Beda Hari, Muhammadiyah Minta Masyarakat Bertoleransi

Perlu dicatat, Warga Muhammadiyah melaksanakan shalat Iduladha 1444 Hijriah lebih awal dari penetapan pemerintah, yang menetapkan Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Meskipun penetapan Hari Raya Iduladha dan Idulfitri sering kali berbeda, warga Muslim umumnya tidak mempermasalahkan perbedaan tersebut.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x