Kompas TV nasional humaniora

Sapi Kurban Presiden Jokowi untuk Iduladha 2023 di Berbagai Kota Harus Lolos Uji Kesehatan

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 23:19 WIB
sapi-kurban-presiden-jokowi-untuk-iduladha-2023-di-berbagai-kota-harus-lolos-uji-kesehatan
Sapi kurban pilihan Presiden Jokowi di Sragen, Jawa Tengah jenis simental memiliki berat 665 kilogram, akan dikirim ke Jakarta tujuh hari sebelum Iduladha, Minggu (18/6/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah sapi yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) di berbagai kota harus menjalani uji kesehatan secara bertahap.

Di Karanganyar, Jawa Tengah, peternak bernama Suparno (53) menjelaskan bahwa sapi jenis Limosin seberat 620 kilogram (kg) yang dibeli Presiden Jokowi itu telah lulus uji verifikasi kesehatan.

"Pertama, Dinas Semarang minta informasi ke Karanganyar untuk mencari peternak yang berpotensi. Kebetulan tempat saya dikasih informasi, kemudian kami menginformasikan," kata Suparno, Selasa (20/6/2023).

Rencananya, sapi tersebut akan dikirim ke Masjid Kauman Kragan, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar dan menjadi satu dari sepuluh sapi yang dibeli Presiden untuk Iduladha 1444 Hijriah di Jawa Tengah.

Senada, peternak sapi jenis simental sekaligus Kapolsek Sragen Iptu Widarto mengaku sapi miliknya yang dipilih Presiden Jokowi harus menjalani pemeriksaan kesehatan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Beli Sapi di Karanganyar Seberat 620 Kg, Peternak: Dulu Kurus, Kini Gemuk dan Sehat

Sapi seberat 665 kg pilihan Presiden dari Kota Sragen, Jawa Tengah itu, kata Widarto, diperiksa oleh petugas dari Kementerian Kesehatan.

"Yang memeriksa langsung dari Kementerian Kesehatan, atau semua unsur yang terkait, kemarin kesini langsung," ujar Widarto, Sabtu (17/6/2023) dilansir dari Kompas.com.

Ia mengatakan, ada 8 sapi peternakannya yang diikutkan untuk uji kesehatan. Petugas mengambil sampel darah hingga kotoran hewan ternak tersebut.


Pemeriksaan tersebut, kata dia, dilakukan usai ada pemberitahuan bahwa peternakannya terpilih sebagai salah satu tempat pembelian sapi Presiden Jokowi.

Akhirnya, satu sapi miliknya terjual seharga Rp59 juta dan akan dikirim ke Jakarta pada tujuh hari jelang Iduladha 2023.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x