Kompas TV nasional peristiwa

Pemerintah Luncurkan Logo Resmi HUT Ke-78 RI, Disarankan Tak Pakai Foto Presiden

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 16:48 WIB
pemerintah-luncurkan-logo-resmi-hut-ke-78-ri-disarankan-tak-pakai-foto-presiden
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi menyosialisasikan logo resmi Hari Ulang Tahun (HTU) ke-78 Republik Indonesia (RI) hari ini, Senin (12/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah meluncurkan logo resmi Hari Ulang Tahun (HTU) ke-78 Republik Indonesia (RI) hari ini, Senin (12/6/2023).

Logo HUT RI pada tahun 2023 ini tampak berwarna merah solid pada angka tujuh dan warna merah-putih bergaris pada angka delapan.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi mengungkapkan, tema dari logo HUT ke-78 RI tahun 2023 ini adalah "Terus Melaju untuk Indonesia Maju".

Tulisan tema tersebut ditempatkan di samping kanan maupun di bawah logo angka 78.

Heru menjelaskan, sejumlah aturan penggunaan logo yang harus diperhatikan oleh kementerian/lembaga maupun masyarakat, termasuk tentang format penempatan logo serta larangan mengubah bentuk dan warna logo.

Baca Juga: Intip Keseruan HUT Ke-77 TNI AU, Ada Momen Megawati Joget Bareng Prabowo Subianto

"Dilarang mengubah warna logo di luar dari palet warna," kata Heru Budi dalam acara Sosialisasi Logo Resmi HUT ke-78 RI yang disiarkan secara daring, Senin (12/6/2023).

Beberapa larangan lainnya di antaranya mengubah komposisi logo, menambahkan efek pada logo, dan mengubah warna menjadi gradasi.

Ia juga mengingatkan, penggunaan foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disandingkan dengan logo perlu izin dari pihaknya.

"Mohon jika ingin menampilkan wajah bapak presiden mohon mendapatkan izin dari sekretariat negara dan saya sarankan untuk tidak," tegas Heru.

Pemerintah meluncurkan logo resmi Hari Ulang Tahun (HTU) ke-78 Republik Indonesia (RI), Senin (12/6/2023). (Sumber: Kompas TV/tangkapan layar)

Ketua Umum Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), Ritchie Ned Hansel yang mewakili seluruh tim rancangan logo HUT ke-78 RI menerangkan bahwa ada tujuh makna simbol tersebut.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x