Kompas TV nasional rumah pemilu

Soal Rencana Pertemuan Puan dan AHY, Pengamat: Puan Sedang Berperan sebagai 'Ice Breaker'

Kompas.tv - 11 Juni 2023, 19:46 WIB
soal-rencana-pertemuan-puan-dan-ahy-pengamat-puan-sedang-berperan-sebagai-ice-breaker
Ketua DPP PDIP Puan Maharani (Sumber: Dok. DPP PDIP)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyoroti rencana pertemuan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menurutnya, Puan sedang mencoba menjadi ice breaker untuk mencairkan hubungan PDIP dan Demokrat.

Diketahui, selama hampir 20 tahun ini, PDIP dan Demokrat terlibat dalam pola relasi konflik akibat gesekan politik buntut dari Pilpres 2004 silam.

"Saya melihat Mbak Puan sedang mencoba memainkan fungsinya sebagai ice breaker," kata Burhanuddin dalam Kompas Petang Kompas TV, Minggu (11/6/2023).

Tujuannya, lanjut ia, adalah agar ada peluang kerja sama atau koalisi antara Demokrat dan PDIP, jika Pemilu 2024 digelar dua putaran dan bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, kalah di putaran pertama.

Menurut dia, PDIP kini bisa dengan mudah berkomunikasi dengan Demokrat karena sudah memiliki pintu komunikasi untuk menggalang dukungan.

"Tujuan utamanya adalah meskipun mungkin sekadar gimik, karena terlalu tinggi kita memastikan AHY menjadi cawapres untuk Ganjar (bakal capres PDIP), tetapi gestur (Puan) ini membuka opsi lebih jauh," jelas Burhanuddin.

"Kalau misalnya Demokrat yang mengusung Anies gagal di putaran pertama seperti yang ditunjukkan sejumlah lembaga survei kredibel hari ini, setidaknya PDIP dan Mas Ganjar bisa berharap berkoalisi dengan Demokrat di putaran kedua," sambungnya.

Baca Juga: Akui Segera Bertemu AHY, Puan: Kita Ngobrol Dulu, Apakah Punya Kesamaan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x