Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Singgung Sosialisasi Anies Sempit hingga Kepastian Berlayar, NasDem Ingatkan Soal Deklarasi

Kompas.tv - 10 Juni 2023, 05:45 WIB
demokrat-singgung-sosialisasi-anies-sempit-hingga-kepastian-berlayar-nasdem-ingatkan-soal-deklarasi
Ilustrasi kandidat cawapres untuk berpasangan dengan Anies Baswedan yang dideklarasikan Partai Nasdem sebagai capres pada Pemilu 2024. (Sumber: KOMPAS.com/ANDIKA BAYU SETYAJI)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat punya alasan kuat untuk mendorong bakal Capres Anies Baswedan segera mengumumkan nama pendampingnya.

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menjelaskan jika merujuk pada Pilpres 2019, masing-masing partai koalisi mengumumkan pasangan Capres dan Cawapres kurang dari sembilan bulan sebelum hari pencoblosan. 

Dalam waktu tersebut Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sebagai penantang tidak memiliki waktu yang cukup untuk memaparkan semua program yang akan dijalankan.

Hal serupa juga terjadi saat ini, Anies Baswedan merupakan penantang bagi para bakal capres yang mengusung keberlanjutan program pemerintah sebelumnya.

"Anies ini punya tugas dan tantangan yang lebih berat, karena kami ini kan perubahan. Kami harus menjelaskan perubahan seperti apa, kalau yang mewakili kekuasaan saat ini kan tinggal menyampaikan lanjutkan," ujar Herzaky di program Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Jumat (9/6/2023).

Baca Juga: Indikator Politik: AHY Belum Cukup Beri Elektoral bagi Anies Baswedan

Herzaky menambahkan, pengumuman nama cawapres Anies juga untuk menjaga agar Koalisi Perubahan untuk Persatuan tidak ketinggalan momentum politik yang ada. 

Menurut Herzky masyarakat saat ini masih ragu mendukung Anies lantaran ada kekhawatiran Anies tidak jadi berlayar ke Pilpres 2024. 

Semisal, jika Anies memilih Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pendamping apakah Partai NasDem tatap bertahan di koalisi. Begitu juga jika cawapres bukan AHY apakah Demokrat tetap bertahan.

"Ini yang perlu lakukan segera, kenapa perlu diumumkan (Cawapres Anies) supaya masyarakat tidak khawatir dan resah, bahwa ini pasangan terbaik dan representasi perubahan. Bukan representasi satu perubahan yang lain representasi istana," ujar Herzaky. 

"Publik mesti tahu perubahan seperti ini kira-kira sosok capres dan cawapres yang pas yang mana, kan publik mau menilai itu jangan-jangan ini perubahan basa basi saja. itu yang tidak kami inginkan," tambah Herzaky.

Baca Juga: Alasan Demokrat Minta Koalisi Perubahan Segera Deklarasikan Bakal Cawapres Pendamping Anies

Di kesempatan yang sama Wasekjen Partai NasDem Siar Anggretta Siagian tidak sependapat jika Anies Baswedan dinilai kurang waktu untuk menyampaikan gagasannya kepada publik. 

Siar mengingatkan Anies menjadi satu-satunya nama yang lebih dulu dideklarasikan sebagai bakal Capres. 

Sejak dideklarasikan, Partai Nasdem membawa Anies ke daerah-daerah untuk diperkenalkan sekaligus menjaring masukan dari masyarakat di pemerintahan selanjutnya. 

"Jadi saya kira dengan kedatangan Mas Anies ke beberapa daerah ini sebagai upaya dilakukan Nasdem mengenalkan Mas Anies kepada masyarkat dan juga berharap tentunya meningkatkan elektabilitas Mas Anies," ujar Siar.

"Terkait konsep saya kira Mas Anies ini sudah cukup banyak kesempatan menyampaikan ide dan gagasan kepada masyarakat dalam beberapa pertemuan yang sejauh ini Nasdem selalu memfasilitasi dan memberikan ruang bagi Mas Anies untuk bisa menyampaikan gagasannya kepada masyarakat," imbuhnya. 


 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x