Kompas TV nasional hukum

Fatia Maulidiyanti Tegaskan Tidak Ada Hubungan Kata Penjahat dengan Luhut Binsar Pandjaitan

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 22:46 WIB
fatia-maulidiyanti-tegaskan-tidak-ada-hubungan-kata-penjahat-dengan-luhut-binsar-pandjaitan
Aktivis HAM, Fatia Maulidiyanti, saat menyampaikan tanggapan dalam sidang perkara pencemaran nama baik yang didakwakan atas dirinya dan Haris Azhar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (8/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nadia Intan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terdakwa kasus pencemaran nama baik, Fatia Maulidiyanti, menegaskan bahwa tidak ada hubungan kata "penjahat" dalam podcast bersama Haris Azhar, yang ditujukan kepada Luhut Binsar Pandjaitan.

"Terkait dengan kata penjahat, tidak ada sama sekali saya merujuk bahwa kata penjahat yang dimaksud adalah terhadap saudara Luhut Binsar Pandjaitan," kata Fatia di ruang sidang Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Kamis (8/6/2023).

"Bahwa setelah kalimat bermain tambang, sampai dengan menit ke-18 kata 'penjahat' itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan pembahasan atas Luhut Binsar Pandjaitan," imbuh Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) itu.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Fatia dan Haris didakwa mencemarkan nama baik Luhut Binsar Pandjaitan dalam video berjudul "Ada lord Luhut di balik relasi ekonomi-ops militer Intan Jaya!! Jenderal BIN juga Ada!!" yang diunggah di kanal Youtube Haris.

Fatia menjelaskan, kata "penjahat" yang ia ucapkan di dalam video atau podcast tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan pembahasan tentang Luhut. 

Baca Juga: Haris Azhar Tepis Tudingan Minta Saham Freeport kepada Luhut, Begini Isi Tanggapannya di Pengadilan

Koordinator KontraS itu menyebut, kata "penjahat" itu ia ucapkan dalam pembahasan tentang perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam kasus pelanggaran HAM di Papua.

"Maka dari itu, tidak ada sama sekali kaitan kata 'penjahat' dikhususkan kepada Luhut Binsar Pandjaitan, melainkan dengan bahasan-bahasan lain yang berkaitan dengan perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam pelanggaran HAM di Papua," jelasnya.

Sebelumnya, di dalam ruang sidang, Luhut mengaku mengalami kerugian moral karena merasa disebut sebagai penjahat dan "Lord" di dalam podcast Fatia-Haris.

"Ya saya terus terang kerugian materiel mungkin tidak perlu dihitung, tapi secara moral anak cucu saya, saya dibilang penjahat, saya dibilang 'lord', saya dibilang apalagi," kata pria yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) itu, Kamis (8/6/2023).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x