Kompas TV nasional politik

Ini Isi Pertemuan Koalisi Perubahan di Pulau Pribadi Surya Paloh, Termasuk Bakal Cawapres Anies

Kompas.tv - 31 Mei 2023, 18:59 WIB
ini-isi-pertemuan-koalisi-perubahan-di-pulau-pribadi-surya-paloh-termasuk-bakal-cawapres-anies
Ilustrasi koalisi perubahan Demokrat, Nasdem dan PKS (Sumber: Kompas.com/Andika Bayu Setiaji)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem Taufik Basari mengungkapkan sejumlah pembahasan dalam pertemuan elite partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan di pulau pribadi Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

Ia membenarkan pertemuan para petinggi Demokrat dan elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut berlangsung di Pulau Kaliage di Kepulauan Seribu, pada Jumat (26/5/2023).

Taufik Basari mengatakan, ada banyak pembahasan yang dilakukan oleh pihaknya dan para petinggi partai lainnya, termasuk soal masalah yang sedang dihadapi Nasdem dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang akan diusung Koalisi Perubahan.

Telah diberitakan sebelumnya, salah satu petinggi Partai Nasdem sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan Base Transceiver Station (BTS) 4G.

"Banyak hal yang kami diskusikan, termasuk juga kondisi terkini situasi demokrasi Indonesia. Bagaimana kemudian kita menghadapi permasalahan yang timbul di waktu terakhir ini," kata Taufik, Rabu (31/5/2023) sebagaimana diwartakan jurnalis Kompas TV Putu dan Janivan.

Baca Juga: Jadi Tersangka, Kejagung Periksa Perdana Johnny G Plate dalam Kasus Korupsi Tower BTS 4G Kominfo

Ia juga membenarkan adanya pembahasan tentang bacawapres Anies Baswedan, bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan.

"Banyak hal termasuk (bakal) cawapres dan sebagainya juga bagian dari poin-poin yang jadi bahan diskusi saat itu," imbuhnya.

Taufik menjelaskan, pertemuan para elite partai dari Koalisi Perubahan itu bertujuan untuk memberikan dukungan dan simpati kepada Partai Nasdem sekaligus membicarakan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh koalisi.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pertemuan yang dihadiri oleh para petinggi partai tersebut berlangsung dengan suasana akrab dan kekeluargaan, sehingga menunjukkan bahwa Koalisi Perubahan masih solid dan siap melanjutkan langkah ke depan.

"Jadi tidak ada yang berubah terkait dengan koalisi ini dan kita justru semakin solid melangkah ke depan," ujarnya.

Baca Juga: Kandidat Cawapres Anies Baswedan Versi PKS Mengerucut ke 3 Nama, Sandiaga Uno Tidak Masuk Daftar

Sejumlah petinggi Partai Demokrat yang hadir dalam pertemuan itu, di antaranya Ketum Agus Harimurti Yudhoyono dan Sekjen Teuku Riefky Harsya.

Sementara itu, jajaran elite PKS yang hadir ialah Ketua Majelis Syuro, Salim Segaf Al Jufri; Presiden PKS, Ahmad Saiku; Wakil Ketua Majelis Syuro, Shohibuk Iman; dan Sekjen Aboe Al Habsy.

Dari sisi Nasdem, ada Ketum Surya Paloh, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hermawi Taslim, Ketua DPP Ahmad Sahroni, Taufik Basari, dan Sugeng Suparwoto.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x