Kompas TV nasional rumah pemilu

Kandidat Cawapres Anies Baswedan Versi PKS Mengerucut ke 3 Nama, Sandiaga Uno Tidak Masuk Daftar

Kompas.tv - 31 Mei 2023, 05:25 WIB
kandidat-cawapres-anies-baswedan-versi-pks-mengerucut-ke-3-nama-sandiaga-uno-tidak-masuk-daftar
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman. (Sumber: Dokumen Humas DPP PKS)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kandidat Cawapres Anies Baswedan versi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kini mengerucut menjadi tiga dari lima nama yang disodorkan.

Lantas apakah nama Menparekraf Sandiaga Uno salah satu dari tiga nama tersebut.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman menyatakan nama Sandiaga Uno tidak masuk dalam kandidat cawapres Anies Baswedan. 

Menurut Sohibul meski komunikasi yang terjalin dan sinyal Sandi ingin menjadi bagian dari PKS tidak membuat nama mantan Cawapres Prabowo Subianto itu masuk dalam daftar kandidat cawapres Anies Baswedan.

Baca Juga: JK Sebut AHY Pantas Jadi Cawapres Anies di Pilpres 2024: Pasti Punya Kemampuan untuk Itu

Ia pun memastikan dalam waktu dan momentum yang tepat Koalisi Perubahan untuk Persatuan akan mengumumkan siapa tokoh yang mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"(Sandiaga Uno) enggak masuk. Habis tiga (nama cawapres) berikutnya satu, jadi tunggu tanggal mainnya," ujar Sohibul di Sekretariat Perubahan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (30/5/2023). Dikutip dari Kompas.com.

Sohibul menambahkan PKS memang berkomunikasi dengan siapapun, termasuk Sandi. Namun, PKS belum menyiapkan posisi Sandi di partainya mengingat mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu belum menjadi kader.

"Jadi kader aja belum, ngapain proyeksi," ujar Sohibul.

Baca Juga: Petinggi Partai Koalisi Perubahan Bakal Kumpul Umumkan Bacawapres Anies Baswedan: akan Ada Kejutan!

Sebelumnya Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto menyatakan beberapa hari ke depan Cawapres Anies bakal ditentukan. 

Beberapa nama yang masuk dalam daftar pendamping Anies yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher.

Hasil survei Litbang Kompas nama AHY maupun Sandi memang masuk tiga besar sebagai cawapres potensial bagi Anies Baswedan. 

Sandiaga Uno mendapat 13,8 persen, sedangkan AHY mendapat 10,8 persen. Nama lain yang mendapat nilai tertinggi untuk mendampingi Anies yakni Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan perolehan 15,8 persen. 

Baca Juga: Anies Ungkap Sederat Kekhawatiran Usai Jokowi Pilih Cawe-Cawe di Pemilu 2024

Survei Litbang Kompas ini dilakukan pada 29 April-10 Mei 2023 terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x