Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Litbang Kompas, Sudirman Said Nilai Penerimaan Masyarakat kepada Anies Makin Kuat

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 07:40 WIB
survei-litbang-kompas-sudirman-said-nilai-penerimaan-masyarakat-kepada-anies-makin-kuat
Anggota Tim Delapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Sudirman Said di program Satu Meja The Forum KOMPAS TV, Rabu (21/5/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Anies Baswedan, bakal Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), masuk di tiga besar dalam survei kandidat capres yang dilakukan Litbang Kompas pada 29 April-10 Mei 2023.

Namun posisi Anies masih bertahan di urutan ketiga dengan perolehan 13,6 persen suara dari 1.200 responden. 

Hasil survei Litbang Kompas yang dirilis awal Februari 2023, Anies berada di posisi tiga besar dengan perolehan 13,1 setelah Prabowo Subianto (18,1 persen) dan Ganjar Pranowo (25,3 persen).

Anggota Tim Delapan KPP Sudirman Said menjelaskan, pihaknya mensyukuri apa pun hasil survei terkait Anies Baswedan.

Baca Juga: Survei Cawapres Litbang Kompas: Ini Elektabilitas Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Erick Thohir, AHY

Menurutnya urutan ketiga yang diperoleh Anies merupakan hasil yang baik di tengah keterbatasan dan posisi Anies yang tidak mudah.

"Jadi kami tidak melihat stagnan tetapi suatu progres," ujar Sudirman di program Satu Meja The Forum KOMPAS TV, Rabu (21/5/2023).

Di sisi lain setelah dideklarasikan sebagai bakal capres Anies memilih mendekatkan diri ke masyarakat untuk mendengar aspirasi dan mengurangi kegiatan publik sehingga aktivitasnya kurang mendapat sorotan.

Hal inilah, menurut Sudirman, yang membuat elektabilitas Anies seakan tidak ada progres yang signifikan.

Baca Juga: Anies Dicurhati Petani Grobogan Soal Pupuk Langka, Begini Respon Ganjar Pranowo

Meski begitu, Sudirman mengakui survei merupakan cermin dari kinerja tim delapan dan sebagai bahan evaluasi tim. 

"Tapi secara keseluruhan kami bersyukur karena suasana di dalam koalisi maupun penerimaan masyarakat semakin hari semakin kuat. Kita bersama Pak Ganjar dan Pak Prabowo ingin mewarnai kontestasi ini dengan kegembiraan dan gagasan," ujar Sudirman. 

Adapun dari hasil survei Litbang Kompas, nama Prabowo Subianto mendapat perolehan suara 24,5 persen, disusul Ganjar Pranowo 22,8 persen dan Anies Baswedan 13,6 persen. 

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka kepada 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Baca Juga: 14,5 Persen Responden Survei Litbang Kompas Pilih Ganjar sebagai Wakil Prabowo

Tingkat kepercayaan survei Litbang Kompas menggunakan metode ini yakni 95 persen, margin of error +- 2,83 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.


 

 


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.