Kompas TV nasional rumah pemilu

14,5 Persen Responden Survei Litbang Kompas Pilih Ganjar sebagai Wakil Prabowo

Kompas.tv - 24 Mei 2023, 14:37 WIB
14-5-persen-responden-survei-litbang-kompas-pilih-ganjar-sebagai-wakil-prabowo
Kolase Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Sebanyak 14,5 persen responden survei Litbang Kompas menginginkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon wakil presiden atau bacawapres Prabowo. (Sumber: Tribun Manado)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 14,5 persen responden survei Litbang Kompas menginginkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon wakil presiden atau bacawapres pendamping Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2024.

Survei tersebut dilakukan secara tatap muka pada 29 April-10 Mei 2023, melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia.

Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen, dengan margin of error lebih kurang 2,83 persen.

Berdasarkan hasil survei tersebut, sebagai bacawapres Prabowo, mayoritas responden memilih Ganjar, kemudian Sandiaga Uno 13,5 persen, dan disusul Ridwan Kamil dengan angka 10,9 persen.

“Meskipun dalam hal ini, sosok Ganjar juga dominan diungkap oleh responden (14,5 persen) yang dinilai layak menjadi bakal cawapres Prabowo,” tulis laporan survei tersebut yang diterbitkan di Harian Kompas.

Baca Juga: Peneliti Litbang Kompas Sebut Pentingnya Orisinalitas Parpol untuk Perkuat Elektabilitas

Sementara, persentase responden yang memilih Anies sebagai wakil Prabowo menurun dari 13 persen menjadi 10,7 persen.

Sosok lain yang dinilai cocok menjadi bacawapres Prabowo adalah Erick Thohir sebesar 7,5 persen; Agus Harimurti Yudhoyono 7,2 persen; dan Puan Maharani 2,9 persen.

Kemudian, Airlangga Hartarto 2,5 persen; Andika Perkasa 2 persen; Khofifah Indar Parawansa 1,5persen; dan Yenny Wahid 0,3 persen. Sedangkan ada 26,79 responden yang menjawab tidak tahu atau rahasia.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas Kembali Rilis Elektabilitas Parpol Pengusung Ganjar, Prabowo, Anies.

Litbang Kompas juga melakukan survei tentang elektabilitas bacapres jelang pemilu tahun depan. Hasilnya, Prabowo memperoleh 24,5 persen; Ganjar Pranowo 22,8 persen; dan Anies 13,6 persen suara.

Sementara dalam simulasi dua bacapres, yakni Prabowo dan Anies, sebanyak 62 persen responden memilih Prabowo, dan 38 persen memilih Anies.

Sedangkan dalam simulasi dua nama antara Prabowo dan Ganjar, sebanyak 51,1 persen responden memilih Prabowo, dan 48,9 persen memilih Ganjar.


 

 

 



Sumber : tribunnews.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x