Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Cawapres Litbang Kompas: Ini Elektabilitas Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Erick Thohir, AHY

Kompas.tv - 24 Mei 2023, 08:20 WIB
survei-cawapres-litbang-kompas-ini-elektabilitas-sandiaga-uno-ridwan-kamil-erick-thohir-ahy
Sandiaga Uno unggah foto dirinya bersama Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya @Sandiuno, Sabtu (15/9/2018). (Sumber: Instagram @Sandiuno/Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terpilih menjadi sosok bakal cawapres yang dipilih publik menyongsong gelaran Pilpres 2024. 

Dikutip dari Kompas.id, Rabu (24/5/2023), keduanya sejauh ini masih yang paling mendominasi tingkat keterpilihan publik untuk bakal cawapres.

Pada survei Litbang Kompas terbaru ini, Sandiaga kembali berhasil bertahan untuk tetap berada pada elektabilitas tertinggi sebesar 11,9 persen, sekalipun sedikit turun dari temuan survei periode Januari 2023.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas, jika Hanya 2 Calon yang Ikut Pilpres 2024, Ini Pemenangnya

Sementara, elektabilitas Ridwan Kamil sebagai bakal cawapres masih membayangi dengan tetap pada urutan kedua. 

Potensi keterpilihan politikus Partai Golkar itu sebagai bakal cawapres ini menyentuh 9,3 persen, sedikit menurun dibandingkan survei periode sebelumnya.

Elektabilitas keduanya untuk posisi cawapres memang bisa dikatakan begitu kompetitif. Selain memiliki tingkat keterpilihan yang tinggi dan terpaut jauh dari tokoh-tokoh lain, setidaknya dalam tiga periode survei terakhir, elektabilitas Sandiaga dan Ridwan Kamil terus bersaing beriringan dengan selisih yang tidak terlampau besar.

Kondisi ini tidak terlepas dari keberhasilan Ridwan Kamil dalam membangun komunikasi kepada elite politik, termasuk menjaga popularitasnya hingga dapat terkonversi menjadi dukungan publik. 

Secara tren, sosok orang nomor satu di Jawa Barat ini mengalami kenaikan elektabilitas sebagai bakal cawapres secara signifikan pada Oktober 2022 sampai melejit lebih dari dua kali lipat menjadi 11,5 persen.

Peningkatan keterpilihan saat itu berselaras dengan penurunan angka elektabilitas Sandiaga sebagai cawapres pilihan publik. 

Sebelumnya, pada awal 2022, elektabilitas Sandiaga yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini terus menjadi yang paling dominan dari lebih seperenam bagian responden.

Tren elektabilitas untuk figur bakal cawapres ini, secara garis besar pun tidak banyak berubah dari survei yang dilakukan sebelumnya. 


 

Selain Sandiaga dan Ridwan Kamil, tokoh lain yang sejauh ini cukup banyak dinilai publik layak menjadi bakal cawapres adalah Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Meski begitu, elektabilitas Erick maupun AHY masih berada di bawah lima persen.

Survei periodik melalui wawancara tatap muka ini diselenggarakan pada 29 April-10 Mei 2023. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia. 

Baca Juga: Survei Litbang Kompas Terkini: Elektabilitas Prabowo, Ganjar dan Anies Ada di Nomor Berapa?

Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian lebih kurang 2,83 persen dalam konsisi penarikan sampel acak sederhana. Meskipun demikian, kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi. Survei dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas.



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x