Kompas TV nasional politik

Buntut Pertemuan dengan Prabowo, Politisi Senior PDIP: Gibran Perlu Banyak Belajar Politik

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 19:35 WIB
buntut-pertemuan-dengan-prabowo-politisi-senior-pdip-gibran-perlu-banyak-belajar-politik
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dalam program Rosi KOMPAS TV yang ditayangkan, Kamis (13/4/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Panda Nababan, menyebut kader PDIP sekaligus Wali Kota Solo/Surakarta Gibran Rakabuming Raka perlu banyak belajar politik.

Hal itu ia sampaikan untuk merespons pertemuan Gibran, relawannya, dan bakal capres yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Solo pada Jumat (19/5/2023) lalu.

Panda mengatakan, pemanggilan Gibran ke kantor Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP di Jakarta, hari ini, Senin (22/5/2023), merupakan kondisi yang serius.

"Dia mesti banyak belajar, melihat hal-hal, peristiwa-peristiwa politik yang menjadi pembelajarannya," kata Panda dalam program Kompas Petang Kompas TV, Senin.

Lelaki bernama lengkap Pandapotan Maruli Asi Nababan itu menilai, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menanggapi serius tindakan Gibran yang berpotensi untuk dimanfaatkan lawan-lawan politik partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Ya udah serius (tandanya), itu Mega konsisten serius. Karena bisa dimanfaatkan, orang lucu gitu lho, dimanfaatkan lawan-lawan politik, dimain-mainkan, kan kayak nggak punya kualitas," ujar Panda.

"Itu kan langkah Gibran itu kan mempermalukan, membikin grassroot (akar rumput) guncang, bikin frustrasi, mahal itu permainan itu, terlampau riskan dia ambil itu," imbuhnya.

Baca Juga: Hasto Usai Nasehati Gibran: Beliau Sudah Minta Maaf dan Klarifikasi

Menurut dia, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu harus dinasihati, bahkan ia menyarankan agar Gibran mengikuti pendidikan politik selama enam bulan.

"Gibran itu mesti betul-betul dinasihati, dikasih waktu dia enam bulan, ada pendidikan politik gitu lho," imbuhnya.

Menurut Panda, pertemuan Gibran dan Prabowo merupakan bentuk manuver politik, sehingga harus diberi teguran.

"Ini anak bagaimana pun harus ada yang menegur dia, ada yang menasehati," jelasnya.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.