Kompas TV nasional politik

Hasto Usai Nasehati Gibran: Beliau Sudah Minta Maaf dan Klarifikasi

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 17:57 WIB
hasto-usai-nasehati-gibran-beliau-sudah-minta-maaf-dan-klarifikasi
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kiri) bersama Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) dan Ketua Bidang Kehormatan PDI Perjuangan Komarudin Watubun di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023) (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut, pihaknya telah menerima seluruh penjelasan kader sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terkait pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Hasto mengungkapkan, Gibran sudah memberikan penjelasan secara lengkap. Bahkan, Gibran juga telah meminta maaf dan memberikan klarifikasi.

"Beliau juga meminta maaf melalui media dan kami sudah menerima seluruh penjelasan itu. Sehingga, mari kemudian turun ke bawah semuanya, membangun prestasi yang terbaik di wilayah kerjanya masing-masing," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (22/5/2023).

Hasto mengaku, pihaknya hanya memberikan nasihat kepada putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu terkait pertemuannya dengan Prabowo di Angkringan Omah Semar, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada Jumat malam (19/5).

"Sudah diberikan nasihat-nasihat. Kami ini kan partai gotong royong, partai musyawarah, di situ berbeda," jelas Hasto.

"Tadi, Pak Komar (Komarudin Watubun), memberikan penjelasan, kalau sudah senior partai, kemudian tidak memahami perintah ibu ketua umum, kebijakan partai, itu lain persoalan," imbuhnya.

Baca Juga: Pertemuan Gibran dan Hasto: Tiba Langsung Salim, Permintaan Maaf, hingga Nasihat Senior

Ia pun mengingatkan Gibran agar berhati-hati terhadap upaya manuver politik atau dansa politik yang menyesatkan.

Ia menyebut, tokoh politik yang mendatangi Solo itu sedang melakukan dansa politik menyongsong gelaran Pilpres 2024 mendatang.

"Kalau di Solo ini yang ada gamelan bukan dansa, yang ada tari-tarian, tari gambyong. Enggak ada dansa-dansa di Solo, tetapi yang datang ke Solo itu kan ada yang membawa dansa-dansa itu," kata Hasto. 

Di sisi lain, Gibran mengaku telah menjelaskan kronologi pertemuannya dengan Prabowo Subianto di Solo.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x