Kompas TV nasional peristiwa

KTH alias PH Terduga Pimpinan KKB Ditangkap, Kini Diamankan di Polda Papua

Kompas.tv - 21 Mei 2023, 19:05 WIB
kth-alias-ph-terduga-pimpinan-kkb-ditangkap-kini-diamankan-di-polda-papua
Foto arsip. Kabag Penum Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengabarkan pihaknya telah menangkap terduga pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), KTH alias PH.

 

KTH ditangkap oleh tim investigasi Operasi Damai Cartenz dan penyidik Polres Yahukimo pada Jumat (19/5/2023) pukul 13.30 WIT.

“Jumat 19 Mei 2023, pukul 13 30 WIT, telah diamankan salah satu terduga KKB inisial KTH alias PH,” kata Ramadhan dalam konferensi pers, Minggu (21/5/2023).

Baca Juga: Prajurit TNI Tewas dalam Kontak Tembak dengan KKB di Ilaga, Kapolda Papua Minta TNI-Polri Bersiaga

Identitas KTH sebagai terduga pimpinan KKB dikonfirmasi oleh AS, anggota KKB yang kini menjadi tersangka penembakan Bripda Gilang pada 30 November 2022, setelah ditunjukkan foto KTH.

“AS membenarkan atau mengkonfirmasi bahwa orang yang ada di dalam foto tersebut adalah pimpinan KKB, yaitu KTH alias PH,” jelas Ramadhan.

Berdasarkan hasil pencarian data kependudukan di Mobile Automatic Multi Biometric Identification System (MAMBIS), KTH merupakan warga yang tinggal di Yahukimo, Papua Pegunungan.

Baca Juga: Markas KKB Kembali Digerebek: 22 Orang Diamankan, Ada Pelajar, Mahasiswa, hingga Kepala Kampung

Ramadhan mengatakan, KTH diduga terlibat sejumlah aksi kejahatan yang dilakukan oleh KKB di wilayah hukum Polres Yahukimo, termasuk pembunuhan terhadap anggota TNI pada 4 November 2022.

Kemudian penembakan terhadap Brippol Usdar, anggota Polres Yahukimo, yang meninggal dunia pada 29 November 2022, penembakan terhadap anggota Brimob Satgas Preventif pada 30 November 2022, dan penembakan terhadap Polres Yahukimo pada 30 Desember 2022.

KTH ditetapkan sebagai tersangka penembakan terhadap anggota Brimob pada 30 November 2022 setelah adanya dua alat bukti terkait keterlibatan KTH.

Saat ini, KTH telah diserahkan kepada penyidik tim investigasi Operasi Damai Cartenz.

“Saat ini, pimpinan KKB KTH alias PH telah diserahkan kepada penyidik tim investigasi Operasi Damai Cartenz dan diamankan di gedung Ditkrimum Polda Papua,” ucap Ramadhan.

Baca Juga: Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Tegaskan 4 Pegawai BTS di Papua Tidak Disandera oleh KKB

Penangkapan terhadap KTH terjadi tiga hari setelah polisi menangkap anggota KKB berinisial AS pada Selasa (16/5/2023).

AS kini ditetapkan sebagai tersangka penembakan yang mengakibatkan anggota Brimob, Bripda Gilang, meninggal dunia dan dua anggota lain terluka pada 30 November 2022.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x