Kompas TV nasional peristiwa

Terungkap, Ini Rahasia 32 Biksu Kuat Jalan Kaki dari Thailand ke Borobudur untuk Rayakan Waisak

Kompas.tv - 18 Mei 2023, 15:13 WIB
terungkap-ini-rahasia-32-biksu-kuat-jalan-kaki-dari-thailand-ke-borobudur-untuk-rayakan-waisak
Para biksu yang berjalan kaki dari Thailand saat melintasi pantura di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (15/5/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

BEKASI, KOMPAS.TV - Aksi jalan kaki 32 biksu dari Thailand menuju Indonesia menjadi sorotan publik. Para biksu yang berjalan kaki menuju Candi Borobudur itu berasal dari berbagai negara, seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia.

Tujuan mereka berjalan kaki sejauh ribuan kilometer itu adalah demi menghadiri puncak perayaan Hari Raya Waisak pada 4 Juni 2023 mendatang. 

Mereka berangkat sejak dua bulan lalu, dan selama perjalanan menghadapi tantangan berupa gelombang panas yang melanda Thailand. 

Apa rahasia 32 biksu tersebut kuat berjalan kaki dari Thailand ke Indonesia?

Ketua Yayasan Pancaran Tridharma Kota Bekasi Ronny Hermawan menjelaskan, aksi berjalan kaki itu merupakan ritual Thudong, sebuah perjalanan religi yang ditempuh dengan cara berjalan kaki sejauh ribuan kilometer. 

Sebanyak 32 biksu yang berjalan kaki dari Thailand ke Indonesia hanya makan secukupnya dari pemberian warga dan tidur di rumah-rumah ibadah.

Baca Juga: 32 Biksu Jalan Kaki Rayakan Waisak di Candi Borobudur

Ketua Thudong Internasional Welly Widadi mengatakan, 32 biksu tersebut sanggup berjalan ribuan kilometer karena sudah melakukan persiapan, baik fisik maupun non-fisik. 

Persiapan yang ia maksud adalah melakukan meditasi dan mengendalikan diri, seperti rasa lapar dan amarah. 

"Karena mereka sudah terbiasa meditasi. Persiapan mereka seperti itu," ujar Welly, Rabu (17/4/2023) dikutip dari Kompas.com.

Welly juga mengatakan, 32 biksu tersebut sudah siap secara mental. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x