Kompas TV nasional rumah pemilu

Projo: Bukan dengan Parpol, Sikap Relawan Jokowi Tegak Lurus dengan Jokowi dalam Pilpres 2024

Kompas.tv - 13 Mei 2023, 21:00 WIB
projo-bukan-dengan-parpol-sikap-relawan-jokowi-tegak-lurus-dengan-jokowi-dalam-pilpres-2024
Ketua Relawan Projo Budi Arie Setiadi (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Relawan Jokowi mengajukan tiga nama bakal calon presiden (bacapres) dalam musyawarah rakyat yang bakal digelar di Jakarta, Minggu (13/5/2023).  Usulan tiga nama bacapres relawan Jokowi disebut-sebut menjadi indikasi terpecahnya relawan Jokowi dalam Pilpres 2024.

Menurut Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi, sikap relawan Jokowi dalam Pilpres 2024 tegak lurus dengan Jokowi dan bukan dengan partai politik.

“Tiga nama itu akan kami sampaikan ke Jokowi, tentang siapa yang ditunjuk Jokowi, akan kami dukung,” ujarnya, Sabtu (13/5/2023).

Baca Juga: Relawan Jokowi Akan Serahkan Nama Bakal Capres dan Cawapres Hasil Musra ke Presiden di Istora

Ia menuturkan musyawarah rakyat ingin meletakkan demokrasi dan partisipasi publik di intisari demokrasi. Demokrasi yang berkualitas memerlukan peran serta masyarakat termasuk menyuarakan apa keingingan rakyat.

“Musyawarah itu kan intinya dialog, bagaimana rakyat dilibatkan dalam kebijakan strategis, demokrasi tanpa partisipasi kan omong kosong, jadi melibatkan rakyat dalam hal-hal yang strategis (penentuan nama bacapres),” ucap Budi Arie.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, indikasi perpecahan relawan Jokowi muncul ketika ada dua nama yang digadang-gadang diusung para relawan sebagai bacapres. Nama itu adalah Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Situasi ini semakin terlihat kompleks ketika secara tersirat Gibran Rakabuming menyebutkan bacapres yang diusung oleh relawan Jokowi mengarah kepada Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Sebab, keduanya dianggap orang-orang yang bisa melanjutkan kebijakan pembangunan Jokowi.

Baca Juga: Hari ini, Ganjar Pranowo Bakal Bertemu Ribuan Relawan Jokowi di GBK


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x