Kompas TV nasional humaniora

Siap-siap, Bakal Ada Diskon Tarif Tol dan Tiket Transportasi Umum saat Arus Balik dari Kemenhub!

Kompas.tv - 22 April 2023, 05:00 WIB
siap-siap-bakal-ada-diskon-tarif-tol-dan-tiket-transportasi-umum-saat-arus-balik-dari-kemenhub
Juru bicara (Jubir) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati di Breaking News Kompas TV, Jumat (21/4/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Akan ada diskon biaya tol dan berbagai tiket transportasi umum saat arus balik karena pemberian insentif Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Mengenai diskon juga akan ada untuk pengguna jalan tol periode 27-28 April," kata juru bicara (Jubir) Kemenhub Adita Irawati di Breaking News Kompas TV, Jumat (21/4/2023).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kata dia, telah berkomunikasi dengan berbagai operator, baik operator transportasi udara, laut, maupun darat.

"Jadi kami berkomunikasi dengan operator jalan tol, udara, laut, dan kereta api untuk memberikan diskon promo untuk yang akan berangkat lebih dulu," jelasnya.

Diskon tersebut, kata dia, merupakan upaya Kemenhub untuk mengurai kepadatan lalu lintas, agar tidak menumpuk pada puncak arus balik yang diperkirakan terjadi tanggal 24 dan 25 April serta 28 dan 29 April mendatang.

"Sehingga nanti puncak arus baliknya tidak numpuk di 24 dan 25 April saja, tapi bisa terpecah di antara 26 sampai 28 April," urainya. 

Baca Juga: H-1 Lebaran, PT KAI Siapkan Pengaturan Khusus di Pasar Senen dan Gambir untuk Arus Balik Mudik 2023

Sehingga nanti, imbuh dia, beban jalan dan beban transportasi umum tidak terlalu tinggi. Upaya diskon ini juga diterapkan pada arus mudik, dan menurut dia, cukup berhasil.

"Harapannya nanti masyarakat ada insentif untuk bisa kembali lebih awal dengan tarif yang lebih murah," ujarnya.

Sementara itu, Adita menerangkan, akan ada dua periode puncak arus balik Lebaran 2023.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x