Kompas TV nasional hukum

KPK Sebut Ada Upaya Menghilangkan Barang Bukti saat Penggeledahan terkait Kasus Suap Yana Mulyana

Kompas.tv - 19 April 2023, 17:14 WIB
kpk-sebut-ada-upaya-menghilangkan-barang-bukti-saat-penggeledahan-terkait-kasus-suap-yana-mulyana
Sejumlah petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa tiga buah koper selepas melakukan penggeledahan di Balai Kota Bandung, Senin (17/4/2023). (Sumber: Antara)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan dugaan unsur menghalangi penyidikan dalam kasus suap pengadaan CCTV dan jasa internet untuk Bandung Smart City yang menjerat Wali Kota Bandung nonaktif Yana Mulyana. 

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri menyatakan ada pihak yang berupaya menghilangkan barang bukti kasus yang menyeret Yana Mulyana.

Hal tersebut diketahui saat tim penyidik KPK melakukan penggeledahan beberapa waktu lalu.

Pihak tersebut menghalangi penyidikan dengan cara memberi saran agar menghilangkan beberapa barang bukti yang dicari tim penyidik. 

Baca Juga: Pemkot Bandung Pertimbangkan Bantuan Hukum Yana Mulyana: Bagaimanapun Dia Pimpinan Kami

"Upaya menghalangi tersebut antara lain dengan memberikan saran agar menghilangkan beberapa bukti yang dicari tim penyidik," ujar Ali dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/4/2023).

Ali mengingatkan, KPK tidak segan menerapkan Pasal 21 UU Tindak Pidana Korupsi kepada pihak yang menghalangi penyidikan. 

Ia juga berharap masyarakat memberikan dukungan untuk mengawal kasus suap Yana Mulyana.

Masyarakat bisa membantu, salah satunya dengan menyampaikan informasi dugaan perbuatan Yana Mulyana dan tersangka lainnya kepada tim penyidik maupun melalui layanan call center 198.

Baca Juga: KPK Sita Logam Mulia, Deposito, hingga Valas saat Geledah 4 Lokasi Terkait Kasus Korupsi di DJKA



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x