Kompas TV nasional politik

Isu Duet Anas Urbaningrum-Moeldoko untuk Jegal AHY, Demokrat Optimistis Kader Berpihak pada Partai

Kompas.tv - 13 April 2023, 07:04 WIB
isu-duet-anas-urbaningrum-moeldoko-untuk-jegal-ahy-demokrat-optimistis-kader-berpihak-pada-partai
Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra menyatakan pimpinan dan kader partainya tak akan terpecah belah di tengah isu kemungkinan duet Anas Urbaningrum dan Moeldoko.

Isu tersebut bahkan disebut akan menggoyang kepengurusan Demokrat saat ini di bawah naungan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Herzaky menegaskan kubunya mendukung penuh kepemimpinan AHY dan seluruh kader Partai Demokrat di Indonesia satu suara mengusungnya sebagai Ketua Umum.

Baca Juga: Anas Urbaningrum Coba Himpun Informasi Politik Saat Ini dengan Berbagai Senior

"Kami yakin Demokrat kompak dan solid, mendukung penuh kepemimpinan AHY. Di kongres (yang) memilih dan mengusulkan nama beliau hampir seratus persen. Suara dari bawah yang mengusulkan (AHY) untuk menjadi Ketum," jelasnya dalam laporan tim jurnalis KompasTV, Rabu (12/4/2023).

Selain itu Herzaky juga meminta agar Anas Urbaningrum tak dikaitkan lagi dengan AHY maupun Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurutnya, Anas tidak memiliki persoalan dengan mereka, melainkan dengan sejumlah pihak di KPK.

Baca Juga: Wacana Anies-Mahfud MD, Wasekjen Demokrat: Memikirkan Saja Tidak, Kami Tawarkan AHY

“Kalau bicara Anas tidak ada kaitan dengan AHY, dengan SBY, dengan Demokrat. Jadi janganlah dibentur-benturkan,” terangnya.

Herzaky juga optimistis AHY mendapat dukungan dari masyarakat. Hal itu tampak saat putra sulung SBY itu melakukan blusukan ke berbagai daerah dan disambut dengan antusias.

Sebelumnya, terdapat kabar bahwa Moeldoko akan mengakuisisi Partai Demokrat dengan menjadi Ketua Umum Partai berlambang mercy itu, versi KLB Partai Demokrat yang diselenggarakan pada tahun 2021 silam di Sibolangit, Sumatera Utara.

Baca Juga: PKS Lempar Wacana Anies-Sandi Jilid II, Pengamat: Demokrat Bisa Cabut Dukungan, Males-Malesan

Selain itu, terjadi perseteruan sengit di kubu Partai, di mana Anas Urbaningrum pada tahun 2014 silam digadang-gadang akan menjadi Cawapres dari Partai tersebut.

Namun, langkah ini terhenti ketika Anas Urbaningrum terkena kasus Hambalang dan resmi menjadi tahanan KPK yang saat itu diketuai oleh Abraham Samad.

Baca Juga: Kata NasDem, Demokrat dan PKS soal Wacana Pasangan Anies-Mahfud MD, Bakal Terwujud?




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x