Kompas TV nasional politik

Kapolri Ingatkan Lagi Pengawalan Polisi Harus Humanis dan Mengutamakan Kendaraan yang Lebih Penting

Kompas.tv - 12 April 2023, 12:15 WIB
kapolri-ingatkan-lagi-pengawalan-polisi-harus-humanis-dan-mengutamakan-kendaraan-yang-lebih-penting
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Media Center Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu, (19/2/2023). (Sumber: ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengingatkan kepada jajarannya di Korps Lalu Lintas atau Korlantas agar dalam melakukan pengawalan kendaraan untuk selalu humanis dan mengutamakan kendaraan yang lebih penting. 

Baca Juga: Agenda DPR Hari Ini: Ada Kapolri, Kepala BIN, Ridwan Kamil dan Ganjar, Bahas Jalan hingga Politik

Hal ini mengingat masih banyaknya keluhan masyarakat tekait pelaksanaan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. 

"Pengawalan dilakukan secara humanis dan mengutamakan kendaraan lain yang lebih penting, seperti contoh ambulans dan pemadam kebakaran," kata Listyo dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (12/4/2023). 

Ia menegaskan, dalam melakukan pengawalan terhadap kegiatan masyarakat juga dilarang menerobos lampu merah. 

Selain itu, kendaraan yang dikawal pun juga tidak boleh mendapatkan prioritas ketika di jalanan. 

"Khusus kegiatan masyarakat, pengawalan dilakukan untuk ketertiban rombongan di jalan dan apabila tidak mendesak tetap mematuhi peraturan lantas, tidak boleh mendapat prioritas," ujarnya. 


 

Mantan Kabareskrim itu menjelaskan, pihaknya terus berupaya melakukan pembenahan di saat personel Korlantas melakukan pengawalan. 

"Kami terus berupaya melakukan perbaikan guna menjawab berbagai harapan masyarakat tentang persoalan kelalulintasan, termasuk memperkuat sosialisasi edukasi dan melakukan penilangan."

Baca Juga: Polisi Sebut Mobil yang Tabrak Mahasiswi Cianjur Hingga Tewas Bukan Rangkaian dari Pengawalan

"Kami terus berupaya menyerap aspirasi maupun keluhan masyarakat terkait keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dan berusaha merespon berbagai keluhan tersebut," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x