Kompas TV nasional politik

Pembebasan Anas Urbaningrum dari Lapas Sukamiskin Ditunda, Ada Apa?

Kompas.tv - 6 April 2023, 04:56 WIB
pembebasan-anas-urbaningrum-dari-lapas-sukamiskin-ditunda-ada-apa
Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum membacakan nota pembelaannya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (18/9/2014). (Sumber: TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Waktu pembebasan Anas Urbaningrum dari Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas  Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat ditunda dari jadwal sebelumnya.

Diketahui, Anas Urbaningrum sedianya akan bebas pada 10 April 2023. Namun, hal itu ditunda menjadi tanggal 11 April atau sehari kemudian sekitar pukul 14.00 WIB.

Baca Juga: Herzaky Sebut Anas Urbaningrum Rusak Partai Demokrat: Tidak Mudah untuk Recovery

Koordinator Nasional Sahabat Anas Urbaningrum, Muhammad Rahmad, mengatakan pembebasan Anas Urbaningrum dijadwalkan mundur sehari dari jadwal sebelumnya.

Ia pun mengungkapkan alasannya waktu pembebasan Anas Urbaningrum yang diundur tersebut karena faktor keamanan sekaligus kenyamanan.

"Pembebasan AU (Anas Urbanigrum) yang direncanakan pada 10 April 2023, mundur sehari karena alasan keamanan dan kenyamanan saat penjemputan," kata Rahmad dihubungi di Jakarta, Rabu (5/4/202).

Karena waktunya dimundurkan, Rahmad pun meminta kepada sahabat Anas Urbaningrum yang sudah merencanakan penjemputan untuk menyesuaikan dengan jadwal tersebut.

Rahmad mengungkapkan, ada sejumlah elemen yang akan bergabung dalam acara penjemputan Anas Urbaningrum keluar dari penjara.

Baca Juga: Sejumlah Aktivis Disebut Bakal Jemput Kebebasan Anas Urbaningrum dari Lapas

Mereka antara lain PKN, PPI, KAHMI Nasional, KAHMI Jawa Barat, Kelompok Cipayung, KNPI, Jaringan Indonesia (JARI), Masyarakat Blitar Bersatu, Barisan Pendukung Anas, Forum Lintas Generasi, Pemuda Anti Kriminalisasi.

Rahmat menjelaskan mengenai Sahabat Anas Urbaningrum yang dibentuk pada 15 Juli 2010.

Itu dilakukan karena terpanggil oleh satu kesadaran bersama, yaitu menemani dan mengawal Anas dalam kiprahnya untuk Indonesia.


 

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Raihan Ariatama, mengatakan mereka telah siap menjemput Anas Urbaningrum.

Raihan menambahkan, bahwa bebasnya Anas Urbaningrum akan disambut dengan sukacita oleh para aktivis, terutama keluarga besar HMI.

Baca Juga: Anas Urbaningrum Segera Bebas April 2023, Langsung Pulang Kampung ke Blitar Sungkem Ibunda

"Mas Anas adalah bagian dari keluarga besar HMI, yang pernah menjadi Ketua Umum PB HMI," ujar Raihan.

"Bebasnya Mas Anas merupakan peristiwa yang menggembirakan bagi keluarga besar HMI."



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x