Kompas TV nasional politik

Jokowi Lantik Dito Ariotedjo sebagai Menpora dan Rycko Amelza Dahniel untuk Kepala BNPT Sore Ini

Kompas.tv - 3 April 2023, 05:57 WIB
jokowi-lantik-dito-ariotedjo-sebagai-menpora-dan-rycko-amelza-dahniel-untuk-kepala-bnpt-sore-ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (27/3/2023), menjelaskan larangan buka puasa bersama hanya untuk internal pemerintah, bukan untuk masyarakat umum. (Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) dan Komisaris Jenderal (Pol) Rycko Amelza Dahniel untuk posisi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Senin (3/4/2023) sore.

Dito Ariotedjo menggantikan Zainudin Amali yang mundur dari kursi Menpora dan Komjen Rycko Amelza Dahniel menggantikan Komjen (Pol) Boy Rafli Amar.

“Ya, infonya baru dapat Minggu malam ini pelantikannya. Presiden ingin anak muda tetapi juga tidak terlalu muda,” ucap sumber Harian KOMPAS.

Menurut sumber Harian KOMPAS yang merupakan pejabat di lingkungan Istana dan tidak mau disebutkan namanya, pengisi jabatan Menpora maupun Kepala BNPT sudah ada sejak Sabtu pekan lalu dan disebut-sebut sudah final diputuskan oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Zulhas Akui Pertemuan 5 Ketum Parpol dengan Jokowi Bahas Koalisi Besar, Siapa Capresnya?

Tidak hanya akan melantik, Presiden Jokowi pada hari ini juga akan menghadiri pengambilan sumpah Agung Sunarto sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung di Istana Negara, Jakarta.

“Kalau usulan pengambilan sumpah sudah diterima usulannya sejak dua pekan lalu,” kata sumber Kompas lainnya.

Sebelumnya pada Jumat pekan lalu, Presiden Jokowi memang sudah mengatakan akan melantik pengganti Zainudin Amali untuk posis Menpora.


 

Sebagai informasi, Dito dikenal sebagai anggota tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sejak April 2022. Ia juga pernah menjadi Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan politisi muda partai Golkar.

“Selain Dito, Pak Airlanggara (Ketua Umum Partai Golkar) mencalonkan tiga nama yaitu Ketua AMPI sekarang ini Ilham Permana, juga anak mantan Ketua DPR Ade Komaruddin, Putri Anetta Komaruddin, yang juga anggota DPR,” ungkap sumber lainnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ledakan Bom di St. Petersburg, Blogger Militer Rusia Pendukung Perang di Ukraina Tewas

Sementara Komjen (Pol) Rycko Amelza, nama yang diterima Presiden Jokowi setelah Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo menetapkan calon pengganti Komjen (Pol) Boy Rafli Amar yang memasuki masa pensiun.

Untuk diketahui, sebelum dilantik sebagai Kepala BNPT, Rycko adalah Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan (Kalemdiklat) Polri.

Sementara Sunarto yang diambil sumpahnya sebagai Wakil Ketua MA bidang Yudisial periode 2023-2027, merupakan pejabat terpilih dalam pemilihan wakil ketua MA awal Februari lalu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x