Kompas TV nasional politik

Zulhas Akui Pertemuan 5 Ketum Parpol dengan Jokowi Bahas Koalisi Besar, Siapa Capresnya?

Kompas.tv - 3 April 2023, 05:45 WIB
zulhas-akui-pertemuan-5-ketum-parpol-dengan-jokowi-bahas-koalisi-besar-siapa-capresnya
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (25/8/2022). Zulhas mengusulkan adanya alokasi sana Rp100 triliun per tahun untuk menyerap hasil petani. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN, Zulkifli Hasan, mengakui ada pembicaraan mengenai koalisi besar dalam pertemuan silaturahmi para ketua umum partai politik bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Diketahui, dalam pertemuan silaturahmi itu juga turut hadir Ketum Partai Gerindra, Ketum Golkar, Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Baca Juga: Ketum Golkar Airlangga Hartarto Beri Sinyal soal Koalisi Besar, PPP: Kami Sangat Terbuka

Pria yang akrab disapa Zulhas itu tidak menampik wacana koalisi besar yang belakangan banyak dibicarakan.

"Saudara-saudara lihat, kompak (dan) harmonis kami tadi. Nanti tentu ada diskusi lanjutan mengenai koalisi besar," ucap Zulhas, di Jakarta, Minggu (2/4/2023).

Menurutnya, pembicaraan mengenai koalisi besar ini masih memiliki banyak waktu, termasuk soal pemilihan calon presiden (capres) yang akan diusung.

"Capresnya bagaimana, itu ada perjalanannya, ada waktunya," ujar Zulhas.

Pernyataan tersebut disampaikan Zulhas usai acara silaturahmi bersama Presiden RI Joko Widodo dengan Ketum Partai Gerindra, Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Baca Juga: Burhanuddin Muhtadi Ungkap Jokowi Berpotensi Jadi “King Maker” Terbentuknya Koalisi Besar 5 Parpol

Hal ini berarti, ada dua koalisi yang hadir dalam agenda silaturahmi tersebut, yakni Koalisi Indonesia Bersatu (Golkar, PPP, PAN) serta Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (Gerindra dan PKB).

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo yang turut hadir dalam acara itu mengatakan bahwa para ketua umum tersebut cocok berkoalisi.

Presiden berharap agar parpol-parpol dapat bergabung dalam koalisi besar demi kebaikan rakyat.


 

"Saya hanya bilang cocok (berkoalisi), terserah pada ketua umum partai atau gabungan ketua umum partai, untuk kebaikan negara, untuk kebaikan bangsa, untuk kebaikan rakyat, hal yang berkaitan bisa dimusyawarahkan akan lebih baik," kata Jokowi.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga memberi tanggapan senada. Menurutnya, ada kesamaan pemikiran antara Gerindra dan parpol-parpol yang hadir dalam acara silaturahmi tersebut.

Baca Juga: Wacana Koalisi Besar 5 Parpol, Prabowo: Saat Ini Lagi Proses Komunikasi!

"Ternyata ada (kesamaan). Jadi, kita merasakan ada frekuensi yang sama, ada kecocokan, dan kalau dilihat dari pimpinan partai, kita sudah masuk timnya Pak Jokowi semua sekarang," kata Prabowo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x