Kompas TV nasional peristiwa

Menhub Beberkan Tiga Titik Krusial Mudik Lebaran 2023 yang Jadi Fokus Pemerintah, Mana Saja?

Kompas.tv - 24 Maret 2023, 20:09 WIB
menhub-beberkan-tiga-titik-krusial-mudik-lebaran-2023-yang-jadi-fokus-pemerintah-mana-saja
Suasana rekayasa lalu lintas lawan arus di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 56, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (24/12/2022). (Sumber: ANTARA/Aji Cakti)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan tiga titik krusial yang menjadi fokus pemerintah saat mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.

 

Hal ini disampaikan Budi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

"Dari sekian banyak titik mudik yang krusial, ada tiga titik yang memang jadi konsentrasi kita. Pertama adalah Jakarta menuju Semarang, kedua angkutan dari Merak menuju Bakauheni, dan yang ketiga penerbangan di Soetta (Bandara Soekarno-Hatta)," kata Budi.

Menurut penjelasannya, titik krusial di Bandara Soetta lebih mudah ditangani karena operasionalnya yang terencana.

"Kalau di Soetta relatif manageable (dapat diatur), artinya kita bisa memastikan jumlahnya tertentu sesuai kapasitas," ujarnya.

"Upaya meningkatkan jumlah kapasitas itu bisa dilakukan dengan, satu, memperbanyak pesawat. Dari awal kita sudah lakukan ramp check sehingga kapasitas jumlah yang bisa terbang itu banyak. Dirjen sudah lakukan itu," tuturnya.

Baca Juga: Imbau Tidak Mudik Pakai Motor, Menhub: Jumlah Motor Berbanding Lurus dengan Kecelakaan

Selain itu, dia menyebut pihaknya juga telah melakukan penambahan jam operasional bandara. Budi mengatakan, hal ini dilakukan agar rotasi pesawat bergerak lebih maksimal.

Dalam kesempatan itu, Budi mengatakan telah mewanti-wanti para operator maskapai agar tidak semena-mena menaikkan tarif tiket.

"Operator supaya kooperatif jangan menaikkan tarif yang berlebihan. Kita ada batas atas, apabila melewati, kita akan tergur dengan sanksi tegas," ucapnya.

Terkait manajemen pelabuhan penyeberangan di Merak, Budi menyebut saat ini ada tujuh pelabuhan yang tersedia, kemudian ada tambahan lima pelabuhan lagi di Ciwandan.

"Apa yang kita lakukan di penyeberangan bukan hanya menambah pelabuhan, tapi juga menambah jumlah kapal," jelasnya.

Sementara perihal jalur darat, pemerintah memperbanyak rest area untuk pemudik beristirahat.

Baca Juga: Persiapkan Arus Mudik dan Balik, Jasa Marga Siapkan Satgas Siaga Operasional Lebaran


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x