Kompas TV nasional sosial

Imbau Tidak Mudik Pakai Motor, Menhub: Jumlah Motor Berbanding Lurus dengan Kecelakaan

Kompas.tv - 19 Maret 2023, 21:11 WIB
imbau-tidak-mudik-pakai-motor-menhub-jumlah-motor-berbanding-lurus-dengan-kecelakaan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas mudik gratis dengan kapal laut pada 2022. Tahun ini, digelar juga mudik gratis kapal laut dengan sepeda motor. Jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 15 dan 17 April 2023 untuk arus mudik dan 25 dan 28 April 2023. (Sumber: Dok. Kemenhub)
Penulis : Hariyanto Kurniawan | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan kendaraan roda dua atau motor.

"Kami imbau, kalau bisa enggak usah mudik pakai motor, jangan mudik naik motor," kata Menhub Budi Karya Sumadi saat memantau sarana dan prasarana lalu lintas jalan tol menghadapi angkutan lebaran tahun 2023 di Cikarang, Jawa Barat, Minggu (19/3/2023).

Imbauan ini, menurut Menhub, berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahwa jumlah kecelakaan berbanding lurus dengan jumlah kendaraan roda dua.

"Karena menurut report dari kepolisian. Jumlah pengguna sepeda motor berbanding lurus dengan kecelakaan," tuturnya.

"Bayangkan kalau naik motor berjam-jam (akan mengakibatkan kelelahan dan berpotensi kecelakaan). (Jadi) upayakan tidak naik motor," ujar Budi Karya.

Baca Juga: Bocoran Kemenhub soal Kuota Mudik Gratis Pemerintah Jalur Laut

Sebagai gantinya, Kemenhub telah menyiapkan program mudik gratis.

Pemudik bisa menikmati mudik gratis dengan transportasi darat, laut, dan kereta api.

"Kemenhub sudah menyiapkan minimal 500 bus untuk menjadi substitusi agar tidak menggunakan motor. Saya lagi minta Dirjen Pehubungan Darat (Hubdar) kalau bisa tambah," ungkapnya.

Mudik Gratis Motor dengan Kapal Laut Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka program mudik gratis sepeda motor melalui kapal laut pada masa angkutan Lebaran 2023.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Hendri Ginting berharap, masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas tersebut sebagai upaya mengurangi kepadatan di jalan raya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x