Kompas TV nasional kesehatan

Kelewat Narsis Bisa Jadi Gangguan Kepribadian?

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 06:00 WIB
kelewat-narsis-bisa-jadi-gangguan-kepribadian
Ilustrasi selfie. (Sumber: Pexels/Julia M Cameron)
Penulis : Veronica Hervy | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terlalu sering update media sosial dan swafoto disinyalir bisa jadi tanda seseorang mengidap gangguan kepribadian narsistik. Apa benar?

Ternyata belum tentu. Gangguan kepribadian narsistik adalah kondisi kesehatan mental dengan ciri-ciri yang mungkin termasuk kebutuhan yang berlebihan akan perhatian, rasa mementingkan diri sendiri, dan kurangnya empati. 

Seseorang yang cenderung narsis biasanya dicirikan terlalu peduli dengan penampilan diri sendiri dan tidak fokus pada orang lain. Namun, hal ini bukanlah tanda seseorang pasti memiliki gangguan kepribadian narsistik atau narcissistic personality disorder atau NPD. 

Secara singkat, NPD adalah kondisi jangka panjang yang secara signifikan memengaruhi hubungan dan fungsi emosional seseorang.

Menurut American Psychiatric Association (APA), NPD didefinisikan sebagai gangguan kepribadian yang melibatkan pola kebutuhan akan kekaguman terhadap diri sendiri dan kurangnya empati terhadap orang lain.

Orang dengan NPD memiliki rasa mementingkan diri sendiri yang berlebihan. Mereka sering kurang empati dan hanya punya sedikit minat dalam mengembangkan relasi dengan orang lain.

Baca Juga: Pentingnya Membangun Mental Pantang Menyerah

Seseorang dengan NPD akan tampak terlalu percaya diri dan bereaksi buruk ketika seseorang atau peristiwa menantang rasa superioritas mereka, tergantung pada seberapa parah gangguan kepribadian yang dimiliki.

Sebuah studi tahun 2008 di Journal of Clinical Psychiatry memperkirakan 6,2 persen orang mengalami NPD di beberapa titik dalam hidup mereka. Apabila dibandingkan, laki-laki jumlahnya lebih banyak daripada perempuan. 

Dikutip dari Parapuan, ada beberapa tanda ketika seseorang mengidap NPD.

1.    Rasa mementingkan diri sendiri yang berlebihan 

Memiliki rasa mementingkan diri sendiri yang berlebihan adalah karakteristik dan tanda utama seseorang mengidap NPD. Orang dengan NPD memiliki rasa superioritas atas orang lain.

Tidak selalu jelas bahwa seseorang dengan NPD merasa lebih unggul dari yang lain. Beberapa orang dengan NPD tampak percaya diri dan mementingkan diri sendiri, sedangkan yang lain mungkin tampak tidak aman dan mencela diri sendiri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x