Kompas TV nasional hukum

Tok! Surya Darmadi Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

Kompas.tv - 23 Februari 2023, 17:31 WIB
tok-surya-darmadi-divonis-15-tahun-penjara-dan-denda-rp1-miliar
Surya Darmadi di Ruang Kusumahatmaja, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (23/2/2023). (Sumber: ANTARA/Tri Meilani Ameliya.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terdakwa Surya Darmadi divonis 15 tahun penjara dalam kasus korupsi lahan sawit PT Duta Palma.

Hakim menilai pria 71 tahun tersebut terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang.

Adapun putusan terhadap Surya Darmadi, pemilik PT Darmex Group/PT Duta Palma, disampaikan hakim di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (23/2/2023).

"Menyatakan terdakwa Surya Darmadi terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang sebagaimana dalam dakwaan kesatu primer dan dakwaan ketiga penuntut umum," ucap Hakim.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 15 tahun." 

Tak hanya itu, Surya juga diminta untuk membayar denda sebesar Rp1 miliar subsider pidana kurungan pengganti selama 6 bulan kurungan.

Hakim juga menjatuhkan pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti kepada Surya Darmadi sebesar Rp2.238.274.248.234.

"Dan membayar kerugian perekonomian negara sebesar Rp39.751.177.520," ujarnya.

"Jika terpidana tidak membayar uang pengganti paling lama dalam satu bulan sesudah putusan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh jaksa dan dilelang untuk uang pengganti."

Namun apabila Surya tidak mempunyai harta yang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut maka dipidana penjara selama 5 tahun.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x